Find Us On Social Media :

Sebagian Manusia Masih Menganggapnya Tahayul, Peneliti Astronomi Blak-blakan Ungkap Keberadaan Alien, Ada di 1.000 Bintang Terdekat dan Bisa Mengawasi Bumi

Kluster galaksi Ophiuchus

Gridhot.ID - Selama ini para astronom bekerja keras membuat katalog eksoplanet atau planet di luar Tata Surya mana saja yang terlihat dari Bumi.

Tapi saat ini, dua peneliti mencoba membalik gagasan itu.

Peneliti mencari tahu apakah eksoplanet dapat 'memantau' dan mendeteksi kehidupan di Bumi seperti para astronom mengamati kehidupan di luar sana.

Baca Juga: Diminta Kakak Kandung Nadya Mustika Rahayu Jujur ke Publik Soal Permasalahan Rumah Tangganya, Rizki D'Academy: Gak Kenal Sama Sekali

Hasilnya, mengutip dari Science Alert, Sabtu (24/10/2020) peneliti menyebut kalau kehidupan di luar Bumi ternyata bisa melihat kita.

Setidaknya ada sekitar 1004 bintang deret utama yang mirip Matahari dengan planet seperti Bumi yang mengorbit, dapat mengawasi kita dari jauh.

Bintang-bintang yang semuanya berada dalam jarak 326 tahun cahaya dari Bumi ini juga disebut peneliti mampu mendeteksi jejak kimiawi kehidupan di Bumi.

Baca Juga: 3 Hari Menikah Sudah Ditinggal Nikita Willy Kerja, Indra Priawan Curahkan Isi Hatinya: Aku Jadi Makan Sendiri...

Lebih lanjut, dari 1004 bintang diidentifikasi dengan zona potensial layak huni.

Sebagian besar bintang juga merupakan bintang tipe-M atau katai merah.