Find Us On Social Media :

China Mulai Tak Banyak Menggertak, Kini Pemerintahnya Justru Persenjatai Kapal Penjaga Pantai yang Berpatroli, Perintahkan Langsung Tarik Pelatuk Jika Ada yang Nyenggol

Presiden China Xi Jinping

Gridhot.ID - China makin jumawa di perairan Laut China Selatan.

Meski sudah diperingatkan beberapa kali oleh banyak negara, namun peringatan tersebut bak dianggap angin lalu oleh China.

Baru-baru ini bahkan China telah memberikan izin kepada armada kapal penjaga pantainya untuk menggunakan senjata jika bersinggungan dengan kapal asing.

Baca Juga: Bertanggung Jawab Pada Hampir 100 Kasus Pembunuhan, Presiden Kosovo yang Didakwa Sebagai Penjahat Perang Memutuskan untuk Mengundurkan Diri, Hashim Tachi: Saya Percaya Pada Kebenaran

Kyodo mengabarkan bahwa penggunaan senjata ini diizinkan jika suatu saat menemui adanya aktivitas kapal nelayan asing di perairan mereka, terutama jika para nelayan tidak segera pergi setelah diberi peringatan.

Keputusan ini disahkan oleh badan parlemen China pada hari Rabu (4/11). Hal ini sedikit banyak membuat Jepang khawatir, terutama jika berkaitan dengan wilayah perairan sekitar Kepulauan Senkaku.

Saat ini Senkaku, atau oleh China disebut Diaoyu, memang menjadi wilayah sengketa kedua negara. Masing-masing mengklaim wilayah tak berpenghuni tersebut dengan berbagai alasan.

Baca Juga: Subsidi Gaji Gelombang 2 Sudah Dinanti-nanti, Menaker Singgung KPK Sebelum Semua Bantuan Mulai Ditransfer Lagi: Minggu Ini Bisa

Dengan adanya keputusan baru tersebut, Jepang khawatir keselamatan para penangkapan ikannya akan terancam, karena bagi China, perairan sekitar Senkaku adalah wilayah mereka.