Find Us On Social Media :

Sudah Tidak Dibutuhkan, Pemerintah Bakal Bubarkan 10 Lembaga, Jubir Wapres Maruf Amin: Sedang Dikaji...

Wakil Presiden KH Maruf Amin memaparkan korelasi ajaran Islam dan vaksinasi dalam webinar bersama Jubir Penanganan Covid19 dr Reisa Brotoasmoro.

GridHot.ID - Pemerintah berencana untuk membubarkan sejumlah lembaga.

Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlo mengatakan, Wakil Presiden Maruf Amin akan mematangkan rencana tersebut."Birokrasi itu jadi salah satu tanggung jawab Wapres. Wapres fokus itu. Kemarin memang dibicarakan hal itu, termasuk yang dibicarakan itu ada 10 lembaga yang dianggap tidak perlu. Itu sedang dikaji," kata Masduki Baidlowi dalam konferensi daring, Jumat (6/11/2020).Jika memang tidak dilanjut atau dibutuhkan, kata Masduki, maka ke-10 lembaga tersebut bakal dihapus."Presiden juga minta Wapres untuk bagaimana menindaklanjuti langkah ini, untuk berkoordinasi dengan menteri yang berkaitan dengan ini, MenPANRB," jelasnya.Masduki menuturkan, Wapres juga punya gagasan yang akan direalisasikan, dan meminta MenPANRB untuk membentuk semacam sekretariat.

Baca Juga: Langsung 'Gesit' Turun Tangan, Pemerintah Jepang Takut Dihantui Kasus Flu Burung yang Dikabarkan Kembali Muncul di Beberapa Prefektur, 330.000 Ekor Ayam Peternakan Auto Dimusnahkan"Semacam lembaga penguat, di mana Wapres sebagai pejabat yang bertangggung jawab untuk melaksanakan perampingan-perampingan," paparnya."Salah satu fokusnya dalam bidang birokrasi, supaya ada semacam sekretariat yang bisa melakukan koordinasi hubungan dengan lebih cepat antar-kementerian dan lembaga," sambungnya.Kata Masduki, selama ini Wapres berkoordinasi langsung dengan MenPANRB, dan MenPANRB berhubungan dengan lembaga terkait."Mungkin oleh Wapres dianggap harus lebih cepat lagi. Dan untuk lebih cepat itu dibutuhkan lembaga sekretariatan, yang sifatnya bisa melakukan langkah-langkah percepatan untuk efisiensi birokrasi," bebernya.Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo Kumolo mengatakan, pada akhir Agustus ini, pemerintah berencana membubarkan 11 hingga 13 lembaga, badan, dan komite.

Baca Juga: Sebut Ada Penipuan di Pilpres AS, Anak Donald Trump Panas-panasi Bapaknya untuk Lawan Segala Kecurangan yang Tercium, Teori Konspirasi Mulai Disebarkan