Find Us On Social Media :

Jarang Diketahui Orang, Kenikmatan Rasa Manis yang Sering Dijumpai di Makanan Jawa Ternyata Kaya Filosofi, Berikut Sejarahnya!

Kenapa ya makanan di Jawa identik dengan rasa yang manis?

Gridhot.ID - Makanan manis sepadan dengan filosofi yang dianut masyarakat Jawa Keraton yang meyakini manis itu simbol kenikmatan.

Nggak heran, ketika berwisata ke Jawa, kebanyakan kuliner khas daerah yang dijajakannya itu memiliki rasa yang manis.
 
Nggak cuma makanan, beberapa minuman di Jawa juga dikenal memiliki cita rasa yang manis, seperti es dawet khas Banjarnegara, es kapal khas Solo dan lainnya. 
Baca Juga: Koar-koar Bakal Bawa 800 Pasukan, Ustaz Maaher Justru Blokir Nikita Mirzani dan Hapus Postingan Ini, Nyai: Dia Kena Perangkap Sendiri!
 
Jika menyempatkan diri bertamu ke warga Jawa, baik pagi, siang atau malam hari, tamu biasanya juga bakal.disuguhi minuman teh yang sudah manis.
 
Kenapa ya makanan di Jawa identik dengan rasa yang manis? Eits jangan dipukul rata dulu begini cerita sejarahnya.
Baca Juga: Misterius, Bisa Melaju Hingga 100 Kilometer Per Jam, Pengendara Ini Tak Sadar Tersesat di Hutan Saat Malam Jumat: Saya Merinding
 
Manis Bawaan Majapahit
Menurut Guru Besar Ilmu Budaya di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof Dr Bani Sudardi mengungkapkan, masyarakat Jawa terbagi menjadi tiga golongan besar. 

Di antaranya adalah orang Jawa sekitar keratonan yang berada di Solo dan DIY, orang Jawa Banyumasan, dan orang Jawa Brangwetan atau di Jawa Timur.

Namun, di Pulau Jawa sendiri, menurutnya, didominasi masyarakat Jawa yang dekat dengan keraton.