Find Us On Social Media :

Xi Jinping Ngebet Mekanisme Global Mengatur Manusia dengan QR Code, Aktivis HAM Langsung Koar-koar Beri Peringatan: Awalnya Kesehatan Bisa Jadi Pengawasan Politik

Presiden China, Xi Jinping

Gridhot.ID - China memang sangat gencar melakukan pengawasan terutama bagi rakyat-rakyatnya.

Salah satu pengawasan yang sedang dipromosikan adalah penggunaan QR Code.

Presiden China, menyerukan "mekanisme global" penggunaan kode QR untuk membuka perjalanan internasional.

"Kita perlu lebih menyelaraskan kebijakan dan standar serta membangun 'jalur cepat' untuk memfasilitasi arus manusia yang tertib," katanya seperti yang dilansir BBC.

Menurutnya, kode tersebut akan digunakan untuk membantu menetapkan status kesehatan pelancong.

Baca Juga: Roy Suryo Akui Harus Sangat Hati-hati Saat Analisis Video Mirip Gisel, Sebut Orang dalam Rekaman Asli, Sang Pakar: Ini Sebenarnya Hasil Retake!

Xi Jinping mengeluarkan pernyataan tersebut pada KTT G20, pertemuan online para kepala negara dari 20 negara ekonomi terbesar dunia, yang diselenggarakan oleh Arab Saudi selama akhir pekan.

Melansir BBC, Xi Jinping mengatakan kode itu dapat digunakan untuk mengenali "sertifikat kesehatan berdasarkan hasil tes asam nukleat", menurut transkrip yang diterbitkan oleh kantor berita negara China Xinhua.

Namun, Xi Jinping tidak merinci lebih lanjut tentang bagaimana skema perjalanan dapat bekerja, atau seberapa dekat itu akan dimodelkan pada aplikasi kode QR China, yang telah digunakan untuk membantu menahan virus di daratan.

“Kami berharap lebih banyak negara yang mengikuti mekanisme ini,” tambah Xi Jinping.

Kode QR adalah kode batang yang dapat dibaca oleh ponsel. Di bawah skema yang diterapkan China sejak Februari, pengguna diberikan kode kesehatan gaya lampu lalu lintas, di mana kode hijau memungkinkan seseorang untuk bepergian dengan bebas, dan kode oranye atau merah menunjukkan bahwa mereka perlu melakukan karantina hingga dua minggu.

Baca Juga: Bak Ketiban Durian Runtuh, Warga Desa di Jawa Tengah Ini Berbondong-bondong Punguti Uang yang Tercecer di Saluran Irigasi, Jumlahnya Fantastis hingga Mencapai Rp 100 Juta!