Find Us On Social Media :

Jauh Sebelum Diinvasi Indonesia, Timor Leste Ternyata Punya Sejarah Kelam Pertempuran hingga Buat Puluhan Ribu Rakyatnya Gugur, Dijadikan Medan Perang oleh 2 Negara Ini Saat Perang Dunia II Berkecamuk

Timor Leste

Gridhot.ID - Wilayah Timor Leste hingga sekarang masih menyimpan sejarah kelam masa lalunya.

Selain dijadikan sebagai medan pertempuran invasi Indonesia, tenyata Timor Leste sebelumnya pernah mengalami hal serupa.

Peristiwa di Bumi Lorosae pernah membuat puluhan ribu rakyatnya gugur.

Baca Juga: Tumpangi Pajero Putih Andalannya, Rizieq Shihab Akhirnya Muncul dan Siap Hadapi Para Penyidik Kepolisian: Ditanya Kita Jawab, Selesai Kan?

Itu adalah pertempuran antara Australia dengan Jepang selama Perang Dunia II.

Mengutip The Conversation, di masa itu, Jepang dan Australia masing-masing menghancurkan desa-desa, juga menghancurkan tanaman dan simpanan makanan penduduk asli Timor, sebagai cara untuk mendapatkan keuntungan strategis dalam Pertempuran Timor.

Sementara orang Timor juga berdagang dengan tentara Australia, yang membayar makanan mereka dengan koin yang kebanyakan dihargai karena 'nilai ornamen'.

Baca Juga: DKI Jakarta dan Jawa Tengah Dapat Peringatan, Peramal Kondang Ini Sebut Bencana Alam Ancam Siapapun yang Nekat Liburan di Akhir Tahun, Gempa, Banjir Sampai Gunung Meletus Sudah di Depan Mata

Ada pula cerita tentang 'penduduk asli' yang muncul tanpa diminta dari hutan membawa pisang, makan dengan pendeta Portugis setempat dan 'gadis-gadis' Timor yang hanya berpakaian rok rumput membawa air untuk tentara.

Meski orang Timor juga terkadang enggan menjual makanannya, yang diartikan sebagai tidak ramah dalam salah satu sejarah.