Find Us On Social Media :

Satgas Covid-19 Minta Swab Test Diirit-irit: Jangan Dihamburkan!

Ilustrasi - Rumah sakit mini yang langsung dibuat satgas covid-19 di ponpes Darussalam Banyuwangi

Gridhot.ID - Tes Swab memang menjadi salah satu tes deteksi corona yang dianggap paling akurat.

Meski begitu ternyata tim satgas justru meminta agar tes usap (swab PCR) atau swab test agar dihemat lagi.

Hal itu dingkapkan oleh Ketua Satuan Tigas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo kepada dinas kesehatan masing-masing provinsi, kabupaten, dan kota.

Baca Juga: Petentengan Ancam Penggal Kepala Polisi Sambil Acungkan Jari Tengah, Pemuda Ini Malah Melempem Dibekuk Polda Metro Jaya: Saya Minta Maaf

Ia mengatakan, pengadaan tes usap semestinya mengacu pada ketentuan Badan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yakni 1.000 orang per 1 juta penduduk dalam 1 pekan.

Di lapangan, ia menemukan provinsi yang dalam sepekan jumlah tes usapnya melebihi ketentuan WHO.

Menurut dia, semestinya pengadaan tes usap yang terpenting memenuhi standar WHO dan sisanya dihemat untuk mengantisipasi wabah Covid-19 yang belum diketahui kapan akan selesai.

Baca Juga: Bak Bernafsu Kuasai Dunia, Usai Cari Gara-gara di Laut China Selatan dan Perbatasan India, China Kini Isyaratkan Perang Dengan 'Pelajari' Sengketa Nagorno-Karabakh

“Mungkin sekitar 7.000-10.000 per pekan (di tiap provinsi), tetapi kenyataannya DKI hari ini sudah mencapai 90 (90.000) pemeriksaan. Ini tolong harus ada asas penghematan. Jangan dihamburkan pemeriksaan yang tidak sesuai dengan target yang ada,” kata Doni dalam rapat koordinasi penanganan Covid-9 secara virtual, minggu (13/12/2020) malam.

Ia mengatakan, setiap daerah harus memperhitungkan kebutuhan logistik tes usap di daerahnya sehingga bisa melakukan tes usap dalam jangka panjang.

Ke depan, Doni mengatakan, pihaknya bakal membuat ketentuan jumlah tes usap minimal dan maksimal yang harus dipenuhi oleh dinas kesehatan daerah, sehingga jumlah tes usap yang dilakukan proporsional.

Baca Juga: Ratusan Orang Sampai Memohon di Pesannya, Hotman Paris Diharap-harap Mau Pasang Badan Lindungi Rizieq Shihab, Begini Balasan Mengejutkan Sang Pengacara