Find Us On Social Media :

Bisa Bikin Musuhnya Jiper, Rusia Pamerkan Rudal Hipersonik Tsirkon, Mampu Hantam Target Sejauh 350 KM dalam Hitungan Menit

Mach 8 Zircon - atau Tsirkon - 'benar-benar tak tertandingi di dunia'.

GridHot.ID - Kementerian Pertahanan Rusia kembali unjuk kebolehan.

Pasalnya, Admiral Gorshkov, kapal fregat milik Rusia dikabarkan kembali menguji coba peluncuran rudal hipersonik Tsirkon.

Dikutip dari Kontan.co.id, kapal fregat Admiral Gorshkov berhasil meluncurkan rudal hipersonik Tsirkon dari Laut Putih menuju target di Wilayah Arkhangelsk, Rusia Utara.

Baca Juga: Makin Jumawa Dihadapan AS, Rusia Pamerkan Proyek Gila hingga Bikin Stabilitas Global Terpukul, Uji Coba 4 Rudal Balistik Antarbenua dari Kapal Selam

"Kapal fregat Proyek 22350 Admiral Gorshkov menembakkan rudal jelajah hipersonik Tsirkon dari Laut Putih terhadap target di Chizha di Wilayah Arkhangelsk," kata Kementerian Pertahanan Rusia dalam pernyataan Jumat (11/12/2020).

Rudal Tsirkon berhasil mencapai sasaran yang berada di pantai pada jarak lebih dari 350 kilometer. "Rudal itu terbang dengan kecepatan lebih dari Mach 8," ungkap Kementerian Pertahanan Rusia seperti dikutip kantor berita TASS.

Kecepatan di atas Mach 8 atau 8 kali kecepatan suara setara dengan 9.878,4 kilometer per jam. Itu berarti, penerbangan rudal hipersonik Tsirkon itu berlangsung sekitar 3 menit untuk menghantam target di Chizha pada jarak 350 kilometer.

Baca Juga: Negeri Beruang Merah Makin Buas, Dalam Tempo Setahun Berhasil Bangun 40 Kapal Perang, Berikut Kehebatan Unitnya

Ini merupakan uji coba ketiga peluncuran rudal hipersonik Tsirkon. Sebelumnya, uji coba berlangsung pada 26 November lalu dari Laut Putih terhadap target yang ada di Laut Barents.