Find Us On Social Media :

Seluruh Rakyat Wajib Siaga, Satgas Covid-19 Sebut Indonesia dalam Keadaan Darurat, Ini Alasannya

Ilustrasi

Gridhot.ID - Rakyat Indonesia kini sudah harus lebih mawas diri.

Pasalnya Indonesia dilaporkan sedang dalam keadaan darurat di awal tahun 2021 ini.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan, ada sembilan provinsi dengan kapasitas rumah sakit (RS) yang sudah melebihi 70% untuk perawatan pasien Covid-19.

Baca Juga: Sepak Terjang Komjen Pol Petrus Golose, Kepala BNN yang Baru Naik Pangkat, Kenyang Pengalaman di Densus 88 dan Reserse

Sembilan provinsi itu yakni DKI Jakarta (84,74%), Banten (84,52%), DIY (83,36%), Jawa Barat (79,77%), Sulawesi Barat (79,31%), Jawa Timur (78,41%).

"Kemudian Jawa Tengah 76,27%, Sulawesi Selatan 72,40% dan Sulawesi Tengah 70,59%. Ini harusnya menjadi peringatan bagi semua pihak," ujar Wiku dikutip dari siaran pers Tim Komunikasi Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Rabu (6/1/2021).

"Bahwa Indonesia sedang dalam keadaan darurat yang ditandai dengan ketersediaan tempat tidur yang semakin berkurang jumlahnya," lanjutnya menegaskan.

Baca Juga: Hati-hati Saat Lakukan Diet, Anak Pedangdut Ini Pernah Sampai Koma 15 Hari, Dokter Sebut Kesempatan Hidupnya Hanya 50 Persen

Adapun data di atas dirangkum pemerintah hingga 2 Januari 2021.

Menurut Wiku, jika dilihat pada tren perkembangannya, keterisian ruang ICU dan isolasi secara nasional cenderung semakin meningkat.

Meski masih ada sisa tempat tidur, dia mengingatkan bahwa belum tentu semua bisa digunakan oleh pasien yang membutuhkan perawatan.

Baca Juga: Pernah Tangani Teroris Dr Azhari, Noordin M Top Sampai Kasus Ahok, 3 Nama Besar Ini Siap Jadi Calon Pengganti Kapolri, Ada yang Sedang Tanggung Tugas Berat