Find Us On Social Media :

Semeru Siaga Erupsi Awan Panas, Ilmuan Jelaskan Pengaruh 'Ring of Fire' yang Dengan Keberadaan Gunung Berapi di Indonesia, Berikut Titik Penampakannya!

Gunung Semeru mengeluarkan awan panas guguran pada Sabtu (16/01)

Laporan reporter Gridhot.ID, Nicolaus Ade

Gridhot.ID - Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki gunung berapi.

Sebagian besar gunung berapi tersebut masih dibilang aktif dan sering erupsi hingga saat ini.

Baru-baru ini Sabtu (16/1/2021) sore pukul 17.24 WIB, Gunung Semeru di wilayah Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Jawa Timur kembali erupsi. 

Baca Juga: Lagi Hamil Anak Rey Mbayang, Dinda Hauw Tiba-tiba Ungkap Penyesalannya: Waktu Nikahan Kemarin...

" Gunung semeru mengeluarkan awan panas."

"Dengan jarak 4.5 kilometer. Daerah sekitar Sumber Mujur dan Curah Koboan, saat ini menjadi titik guguran awan panas," jelas Bupati Thoriqul dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (16/1/2021).

Menurut laporan pengamatan visual sementara, terlihat asap meluncur ke arah tenggara yang diduga dari kawah Jonggring Kaloko berwarna kelabu pekat dalam volume yang besar.

Baca Juga: Babak Baru Kasus Korupsi Bansos, KPK Temukan Adanya Arahan Khusus Juliari Batubara Diduga untuk Lancarkan Aksinya Garong Duit Bantuan Rakyat, Nilai Total Kerjasama Kembali di Investigasi

Hujan abu vulkanik diperkirakan mengarah ke utara, menyesuaikan arah angin.

Sementara itu, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kasbani mengatakan, guguran awan panas terjadi sampai dengan pukul 18.35.

"Terjadi Awan panas guguran Gunung Semeru pukul 17:24 s/d 18:35 WIB dg amplitudo maksimum 22 mm durasi 4.287 detik," kata Kasbani dihubungi secara terpisah, Sabtu.