Find Us On Social Media :

Pendidikan Indonesia Makin Terhambat, Meningkatnya Kasus Covid-19 Buat Mendikbud Undur Asesmen Nasional 2021, Berikut Alasannya!

Ilustrasi Ujian Nasional SMA

Laporan reporter Gridhot.ID, Nicolaus Ade

Gridhot.ID - Kasus wabah corona di Indonesia yang masih tinggi membuat sistem pendidikan terhambat.

Salah satu efeknya adalah diundurnya Asesmen Nasional ke bulan September-Oktober 2021 setelah sebelumnya direncanakan dilaksanakan pada Maret 2021.

Dalam Rapat Kerja bersama Komisi X DPR RI secara virtual, Rabu (20/1/2021), Mendikbud Nadiem Makarim mengungkapkan, Kemendikbud baru akan melaksanakan tahapan rapat koordinasi, sosialisasi dan pelaksanaan teknis persiapan Asesmen Nasional pada Maret-April 2021.

Kemudian pada April-Agustus 2021 bakal dilakukan simulasi Asesmen Nasional di satuan pendidikan sebelum pelaksanaan Asesmen Nasional sendiri pada September-Oktober 2021.

Sedangkan hasil Asesmen Nasional tersebut akan diumumkan pada bulan Desember 2021.

Pengunduran jadwal Asesmen Nasional dikatakan Nadiem dilakukan karena salah satunya jumlah kasus Covid-19 yang terus meningkat. 

Baca Juga: Bungkam Tenaga Medisnya Sendiri, Niat Busuk China Dibongkar Ahli Asal Taiwan, Sebut Virus Corona Harusnya Bisa Dihindari Jika Tiongkok Berani Lakukan Hal Ini

Alasan lain pihaknya menunda adalah untuk memastikan kesiapan sekolah penyelenggara Asesmen Nasional memiliki sarana dan prasarana protokol kesehatan yang memadai. Begitu pun untuk urusan logistik pelaksanaan Asesmen Nasional.