Find Us On Social Media :

Pantas Saja Diburu dan Jadi Rebutan Ratusan Warga, Batu di Lahan Makam Ini Rupanya Tak Sembarangan, Bisa Dijual Rp 20 Ribu Per Kilo

Contoh batu rak yg dikumpulkan dalam karung

GridHot.ID - Satu jenis batu menjadi buruan warga Desa Kimak, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung sebulan belakangan.

Namun, jenis batu apa yang dicari-cari warga tersebut?

Melansir Bangkapos.com, penemuan lokasi batu rak atau batu yang mengandung kadar timah (Sn) di lokasi kosong kawasan TPU Desa Kimak Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka telah membantu dari segi ekonomi warga apalagi saat ini masih ada wabah pandemi Covid-19, Kamis (04/02/2021).

Baca Juga: Niatnya Usut Tuntas Kasus 'Jagal Kucing' Medan, Wanita Ini Malah Ketakutan Usai Diteror Salah Satu Pelaku, Polisi: Kami Siap Jaga 1x24 Jam!

Usai bekerja menggali batu-batu rak secara berkelompok, warga bisa langsung menjual hasilnya ke pedagang pengepul batu rak yang sudah menunggu di persimpangan jalan menuju TPU Desa Kimak, dekat dengan lokasi penggalian batu rak.

Dilansir dari Surya.co.id, dalam satu bulan terakhir, ratusan warga Desa Kimak, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung ramai berburu batu rak di area pemakaman desa setempat.

Mereka mencari batu ini menggunakan peralatan sederhana: cangkul, linggis, dan berbagai peralatan lainnya.

Baca Juga: Kadung Geger Dikira Pebinor Gara-gara Semobil dengan Istri Orang, Pak Lurah Akhirnya Ngaku: Baru Semenit Bles Bles Bles

Batu rak adalah sebutan warga lokal untuk batu yang dinilai mengandung mineral timah. Sekitar 500 kepala keluarga berburu batu ini di lahan perkuburan atau Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Kimak.

Dalam 3 hari terakhir, sekitar lima ton batu rak berhasil dikumpulkan warga.