Find Us On Social Media :

Ungkap Seluruh Gedung-gedung Mewah Milik Sukanto Tanoto di Jerman, Proyek Openlux Curigai Sang Raja Sawit Asal Indonesia Tersangkut Kasus Besar Ini

Sukanto Tanoto disebut menguasai lahan Hutan Tanaman Industri (HTI) di kawasan calon ibu kota baru RI di Kalimantan Timur.

Gridhot.ID - Nama Sukanto Tanoto memang sudah sangat terkenal di dunia.

Dirinya merupakan salah satu pebisnis besar yang namanya sangat disoroti para taipan bumi.

Namun kini Sukanto Tanoto, sang raja sawit asal Indonesia tersebut sepertinya sedang jadi incaran para jurnalis ini.

Dikutip Gridhot dari Kontan, sebuah kolaborasi jurnalis internasional dalam proyek OpenLux menyisir data-data yang ada di perbankan Luxembourg yang dicurigai menjadi bagian dari operasi pengemplangan pajak para miliarder dunia.

Baca Juga: Minta Tumbal Seekor Sapi, Pria Ini Buka Praktek Penggandaan Uang Abal-abal hingga Raup Untung Puluhan Juta Rupiah, Berikut Strategi Licik Pelaku Buat Korban Lengah

Hal serupa pernah dilakukan kolaborasi jurnalis yang mengungkap skandal Panama Papers.

Dokumen-dokumen OpenLux mengungkap kepemilikan gelap gedung-gedung Sukanto Tanoto dan anaknya, Andre di Jerman.

Dokumen tersebut mengungkap, pada 2019, Andre Tanoto membeli satu dari tiga gedung mewah rancangan arsitek kondang Frank O. Gehry di kota pusat perekonomian Düsseldorf, ibu kota negara bagian Nordrhein Westfalen (NRW).

Gedung tersebut dibeli seharga 50 juta euro (sekitar Rp 847 miliar).

Baca Juga: Alih-alih Kapok Dihujat, Aldi Taher Justru Kembali Senggol Mantan Pacar Nikita Mirzani Gegara Hal Ini, Kiki The Poters: Tiap Orang Punya Hak!

Dikutip Gridhot dari Salon.com, Frank O.Gehry sendiri merupakan arsitek terkemuka yang berhasil memenangkan penghargaan Pritzker dan terkenal dengan ukitan unik di bangunan buatannya, jadi tak heran jika siapapun yang berhasil memiliki karyanya akan jadi sorotan.

Tak lama kemudian, Tanoto Sukanto, membeli bekas istana Raja Ludwig di München. Gedung empat lantai itu, yang sekarang menjadi kantor pusat perusahaan asuransi Allianz di kawasan prestisius Ludwigstrasse.