Find Us On Social Media :

Masyarakat Perlu Waspada! Penelitian Terbaru Sebut Gejala Corona Bisa Bertahan hingga 6 Bulan, Kok Bisa?

(ilustrasi) Gejala Covid-19

GridHot.ID - Pandemi virus corona hingga kini masih menjadi momok menakutkan bagi masyarakat dunia.

Dilansir dari Gridhealth.id, menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), Covid-19 menular terutama di antara orang-orang yang berada dalam kontak dekat untuk waktu yang lama.

Penularan virus corona terjadi ketika orang yang terinfeksi batuk, bersin, atau berbicara, dan tetesan dari mulut atau hidung mereka diluncurkan ke udara dan mendarat di mulut atau hidung orang-orang di dekatnya.

Baca Juga: Dapat Prioritas Jatah Vaksinasi Corona, Hotman Paris Pamerkan Surat Bukti Divaksin Lewat Instagram: I am The King!

Sehingga menjalankan protokol kesehatan seperti 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) menjadi kewajiban yang tak boleh diabaikan.

Melansir Sripoku.com, untuk mencari tahu seberapa lama gejala dari Covid-19 bertahan di tubuh pasien dengan gejala ringan hingga sedang, sebanyak 103 orang di atas 18 tahun yang positif Covid-19 menjalani penelitian.

Hasil dari penelitian yang berlangsung sejak April hingga Oktober 2020 ini, dikutip dari Kompas.com, diterbitkan dalam Journal of Clinical Microbiology and Infection.

Baca Juga: Ashanty Sempat Kritis Hingga Mengeluh Sesak Nafas dan Sudah Tidak Kuat, Anang Hermansyah Panik Bukan Main: D-dimer Tinggi, Ini Bisa Tidak Tertangani

Melansir dari The Jerusalem Post, (21/2/2021), para peserta yang bukan pasien ini menjalani sesi wawancara sebanyak empat kali selama penelitian dilakukan.

Gejala yang Bertahan 6 Bulan

Hasilnya, dari penelitian ini seseorang yang mengalami gejala ringan hingga sedang bisa tetap mengalami gejala hingga 6 bulan lamanya.