Find Us On Social Media :

Hampir Seminggu Buat Amburadul Perdagangan Dunia, Pentagon Beri Apresiasi Mesir Usai Selamatkan kapal Ever Given dari Terusan Suez: Tetap Waspada, Itu Titik Maritim Berbahaya

Foto satelit pada 25 Maret 2021, memperlihatkan kondisi kapal kontainer Ever Given yang tersangkut dan memblokir Terusan Suez.

Gridhot.ID -  Sebuah kapal kontainer raksasa yang panjangnya hampir menyamai tinggi Empire State Building di New York, tersangkut di Terusan Suez, Mesir, saat badai pasir melanda pada Selasa (23/3/2021).

Akibatnya, Terusan Suez macet karena kapal sulit dievakuasi, dan harga minyak naik karena keterlambatan pengiriman.

Melansir dari Intisari-Online, akibat kecelakaan ini, 100 kapal lebih terpaksa menunggu di salah satu ujung kanal atau tengah jalan, di Danau Great Bitter Mesir, kata penyedia layanan kanal Leth Agencies.

Baca Juga: Sangat Dekat dengan Keluarga Ayu Ting Ting dan Suka Tukar Cerita, Brata Angga Kartasasmita Sudah Kantongi Lampu Hijau: Biar Tuhan yang Mengatur

Bagian kanal yang lama kini dibuka lagi untuk mengurai kemacetan, tetapi belum menyelesaikan masalah karena hanya ada satu jalur di ujung selatan, yang menjadi lokasi tersangkutnya kapal Ever Given.

Imbas dari Terusan Suez macet, harga minyak di pasar dunia melonjak karena keterlambatan pengiriman.

Harga minyak mentah berjangka melonjak enam persen pada Rabu (24/3/2021).

Baca Juga: Kasus Perebutan Aset Lina Jubaedah Tak Kunjung Reda, Kuasa Hukum Sebut Teddy Punya Hak Lebih dari Rp 500 Juta dari Warisan Almarhumah: Amanah Harus Disampaikan...

"Kami belum pernah melihat yang seperti ini sebelumnya," kata Ranjith Raja, peneliti perminyakan dan perkapalan Timur Tengah di perusahaan data dan keuangan internasional, Refinitiv.

Setelah terperangkap selama hampir satu minggu, tim penyelamat pada Senin (29/3/2021), akhirnya berhasil membebaskan sebuah kapal kontainer raksasa di Terusan Suez.