Find Us On Social Media :

Terus Bergeser dengan Kecepatan 7 Cm Per Tahun, 2 Lempeng Dunia Disebut Peneliti Jadi Penyebab Utama Gempa Malang yang Terjadi Tiba-tiba, Banten Sampai Banyuwangi Jadi Jalur Tumbukannya

Potret kerusakan karena Gempa Malang.

Gridhot.ID - Wilayah Malang, Jawa Timur baru saja mengalami gempa yang cukup besar.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, pada Sabtu (10/4/2021) gempa tersebut terjadi di beberapa kota dan yang salah satu kota yang mendapat dampak besar adalah kota Malang.

Gempa magnitudo 6,1 (sebelumnya disebut 6,7) yang berpusat di perairan Malang Selatan Sabtu (10/4) siang disebut karena aktivitas zona subduksi yang terbentuk akibat tumbukan lempeng Indo-Australia dengan lempeng Eurasia.

Baca Juga: Bukan Karena Orang Ketiga, Inilah Penyebab Kandasnya Hubungan Billy Syahputra dan Amanda Manopo yang Dibongkar Sosok Ini: Mulai Nggak Nyaman Komunikasi

Dikutip Gridhot dari Kontan, peneliti senior dari Pusat Penelitian Mitigasi Kebencanaan dan Perubahan Iklim Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya Dr Ir Amien Widodo mengatakan, tumbukan lempeng tersebut terjadi sekitar 200 kilometer dari pantai selatan Jawa.

"Karena posisi tumbukan miring, maka sepanjang jalur tumbukan dua lempeng tersebut terjadilah gempa," terang Amien yang juga dosen Departemen Teknik Geofisika ITS saat dikonfirmasi Sabtu malam.

Menurut dia, subduksi tersebut lumrah terjadi mengingat letak geografis Indonesia berada di pertemuan tiga lempeng utama dunia, yaitu Eurasia, Indo-Australia dan Pasifik.

Baca Juga: Bongkar Curhatan Desiree Tarigan, Hotman Paris Sebut Ibunda Bams Sulit Bersatu Lagi dengan Hotma Sitompul: Ketidakcocokan Itu Bukan Seminggu, Tapi 8 Tahun Lalu...

Amien mengatakan, tumbukan dua lempeng tersebut terus mengalami pergesaran yang kecepatannya mencapai 7 sentimeter per tahun.

Pergeseran akan terus terjadi hingga ada bagian tumbukan yang pecah dan menimbulkan gempa.

"Jalur tumbukan ini berada dari daerah Banten hingga Banyuwangi," terang Amien.

Baca Juga: Jadi Nyonya CEO Setelah Dinikahi Bule Perancis, Intip Potret Risa Dewi Calon Besan Maia Estianty, Tetap Awet Muda dan Modis di Usia Kepala Lima