Find Us On Social Media :

44 Tahun Kelola Hingga Akhirnya Diambil Alih Jokowi, Yayasan Harapan Kita Tegas Tak Sedikitpun Pakai Uang Negara untuk Urus TMII: Tidak Pernah Mengajukan atau Meminta Kebutuhan Anggaran!

Teater Imax Keong Emas di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Gridhot.ID - Presiden Jokowi baru saja mengambil alih Taman Mini Indonesia Indonesia dari genggaman keluarga Cendana.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, TMII yang selama ini dikelola oleh Yayasan Harapan Kita kini sudah mulai untuk dikelola oleh negara.

Selama pengelolaannya, Yayasan Harapan Kita menyatakan pihaknya tidak pernah menggunakan anggaran pemerintah selama 44 tahun mengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Dikutip Gridhot dari Tribun Jakarta, Sekretaris Yayasan Harapan Kita, Tria Sasangka Putra mengatakan selama mengelola TMII pihaknya tidak pernah menggunakan anggaran APBD Pemprov DKI Jakarta dan APBN pemerintah pusat.

Baca Juga: Pemerintahan Putin Disebut Akan Segera Berakhir, Rusia Justru Makin Menyeramkan dengan Bangun Robot Militer Penyerang yang Bisa Hancurkan Segala Armada Berat Musuh, Ini Dia Kelengkapan Senjatanya

"Yayasan Harapan Kita sebagai penerima tugas negara tidak pernah mengajukan atau meminta kebutuhan anggaran dari pengelolaan TMII kepada negara atau pemerintah sesuai amanat Keppres No 51 Tahun 1977," kata Tria di Jakarta Timur, Minggu (11/4/2021).

Menurutnya seluruh pembangunan fasilitas, perbaikan, hingga perawatan TMII yang menggunakan dana Yayasan Harapan Kita merupakan kontribusi pihaknya kepada negara.

Dia juga membantah seluruh pembiayaan tersebut membuat TMII menjadi milik Yayasan Harapan Kita, menurutnya TMII sebagai tempat wisata edukasi tetap merupakan aset negara.

"Yayasan Harapan Kita selalu memberikan bantuan kepada TMII yang termasuk membiayai secara mandiri peningkatan, pengembangan TMII. Sehingga dengan demikian Yayasan Harapan Kita tidak pernah membebani dan merugikan keuangan negara," ujarnya.

Baca Juga: Mobilnya Terbang Bebas ke Jurang 600 Meter, Jordi Onsu Kaitkan Kejadian Mistis Telah Timpa Kru-nya: Persis Sebulan Lalu Sekeluarga Tewas Dilokasi Kami

Dirut Utama TMII, Tanribali Lamo menuturkan bantuan yang diberikan Yayasan Harapan Kita dalam pengelolaan di antaranya untuk membayarkan gaji pegawai saat pandemi Covid-19.

Alasannya semenjak pandemi Covid-19 melanda keuntungan didapat anjlok akibat adanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang melarang tempat wisata beroperasi.