Find Us On Social Media :

Ada di Kedalaman 830 Meter, Begini Penampakan KRI Nanggala-402 yang Terbelah Jadi Tiga Bagian

Terlihat dari Foto Visual, KRI Nanggala-402 Terbelah Menjadi 3 Bagian di Kedalaman 830 Meter

GridHot.ID - Usai dinyatakan tenggelam dan dilakukan berbagai upaya, KRI Nanggala-402 akhirnya berhasil ditemukan.

Dikutip Tribunnews.com, KRI Nanggala-402, kapal selam buatan Jerman itu ditemukan terpecah menjadi tiga bagian dan berada di dasar laut dengan kedalaman 838 meter.

Kepastian itu datang setelah remotely operated vehicle (ROV) milik kapal Singapura MV Swift Rescue mendapatkan hasil visual.

 Baca Juga: 53 Awak KRI Nanggala 402 Dinyatakan Gugur, Presiden Jokowi: Mereka Putra-putra Terbaik Bangsa, Patriot Penjaga Kedaulatan Negara

Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono menjelaskan, tiga bagian kapal ini ditemukan di utara perairan Bali, pada Minggu (25/4/2021) dini hari.

Awalnya, bagian KRI Nanggala-402 ditemukan oleh KRI Rigel dengan menggunakan alat multi-beam echo sounder. Sehingga, pada pukul 01.00 WITA berhasil diketahui posisi kapal selam.

"Melakukan kontak bawah air di sekitar posisi datum atau saat tenggelamnya KRI Nanggala pada kedalaman 830 meter," katanya.

 Baca Juga: Dicari-cari, KRI Nanggala-402 Terdeteksi di Kedalaman 850 Meter, KSAL Nyatakan Siap Evakuasi

Untuk memastikannya posisinya, diturunkan ROV milik kapal Singapura MV Swift Rescue pukul 07.37 WITA. Lalu, pada pukul 09.04 WITA, ROV Singapura mendapat visual dari datum tempat tenggelamnya KRI Nanggala yakni di kedalaman 830 meter.

Dari foto visual itulah nampak KRI Nanggala-402 yang tenggelam terbelah menjadi tiga bagian.

Selain itu, ROV ini juga mampu mengangkat pakaian penyelamat MK-11 yang diambil menggunakan penjepit.