Find Us On Social Media :

Kondisi Kapal Gelap Gulita hingga Anjlok 90 Meter dalam 10 Detik, Berikut Gambaran Blackout yang Dialami KRI Nanggala-402, Mantan Awak Kapal Ini Beri Penjelasan

Penampakan KRI Nanggala-402 dari hasil visual ROV di kedalaman 830 meter

Gridhot.ID - Sebagaimana diinformasikan kapal selam KRI Nanggala-402 hilang di perairan Bali Utara pada Rabu (21/4/2021) dini hari.

Mengetahui itu, tim SAR gabungan langsung melakukan pencarian besar-besaran, termasuk dengan mendatangkan bantuan dari luar negeri.

Dilansir dari Tribunnews, pada Minggu (25/4/2021), KRI Nanggala-402 dinyatakan berstatus subsunk (tenggelam) di kedalaman lebih dari 800 meter.

Baca Juga: Tak Terima Ruben Onsu Dituduh Halangi Dirinya Berkomunikasi dengan Keluarga Kandung, Betrand Peto: Onyo yang Nggak Mau!

Kapal selam KRI Nanggala-402 dinyatakan tenggelam setelah sebelumnya hilang kontak dan diduga mengalami blackout.

Insiden blackout yang dialami KRI Nanggala-402 bukan pertama terjadi.

Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) Laksamana Muda Iwan Isnurwanto menyampaikan, dirinya pernah mengalami situasi blackout saat menjadi awak kapal selam KRI Nanggala-402.

Baca Juga: Polisi Nyamar Bongkar Rapid Test Antigen Bekas Dipakai di Bandara Kualanamu, Petugas Kimia Farma Ketakutan Ngaku Cuma Cuci Alat yang Sudah Dimasukkan Lubang Hidung Orang-orang dengan Air

"Saya waktu mengawaki Nanggala pun pernah mengalami hal yang serupa namanya blackout," kata Iwan dalam konferensi pers, Selasa (27/4/2021).

Situasi blackout saat itu, ungkap Iwan, terjadi pada tengah malam ketika ia sedang beristirahat di tempat tidur bertingkat.