Find Us On Social Media :

Pantas Jadi Incaran Proyek Luar Angkasa, Ternyata Papua Merupakan Kandidat Terkuat Gara-gara Fakta Ini, Tak Heran Rusia, China hingga Tesla Saling Berebut

SpaceX

GridHot.ID - Terletak di ujung timur Indonesia, Provinsi Papua selama ini dikenal kaya akan sumber daya mineral logamnya.

Dilansir dari KompasPedia, sumber daya mineral logam yang dapat ditemukan di Papua antara lain tembaga, emas, dan perak.

Selain itu, Bumi Cenderawasih masih juga merupakan daerah yang memiliki wilayah paling luas dibandingkan dengan provinsi lain di Indonesia.

 Baca Juga: Bakal Diberantas Sampai Akar-akarnya, Polri Ajak Diskusi 4 Kepala Daerah Papua, Sebut Masih Ada 9 Kelompok Teroris KKB yang Aktif

Dilansir dari Intisari, pada tahun 2017 lalu, Indonesia mempertimbangkan untuk kemungkinan kerjasama dengan China dan Rusia untuk mendukung ambisi pemerintah untuk mendirikan stasiun peluncur satelit pertama.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin pada Kamis.

Mengutip The Jakarta Post (10 Agustus 2017), Thomas mengatakan bahwa Indonesia juga akan berbicara dengan negara-negara lain yang memiliki pengalaman luas di bidang aeronautika seperti Jepang, Korea Selatan dan India untuk mendukung proyek tersebut.

 Baca Juga: Surga Tersembunyi Pesisir Tanah Papua, Lokasi Wisata Pantai Harlem, Dinobatkan Sebagai Pantai Terbersih di Indonesia

Menurut LAPAN, Morotai di Maluku dan Biak di Papua adalah kandidat terkuat sebagai lokasi proyek mengingat kedekatannya dengan Samudra Pasifik.

Elon Musk juga pernah mengincar Papua untuk tempat landasan peluncuran SpaceX.