Find Us On Social Media :

Anggaran Militer Rp 1700 Triliun Menhan Jadi Polemik, Berikut Perbandingan Anggaran Belanja Alutsista Indonesia dengan Negara Tetangga, Berikut Daftarnya

Prabowo dan Militer Indonesia

Gridhot.ID - Baru-baru ini geger soal bocornya rancangan Peraturan Presiden (RaPerpres) terkait rencana peremajaan Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan (Alpalhankam) Kementerian Pertahanan (Kemhan).

Dokumen Perpres Alpalhankam Kemhan dan TNI tahun 2020-2024 tersebut mengungkapkan rencana pemerintah perkuat alutsista.

Dikutip dari Kompas.com, anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) memberikan respons positif terkait rencana perpres.

Baca Juga: Masih Satu Keturunan dengan Keluarga Ayu Ting Ting, Sosok Makluk Halus yang Tinggal di Rumah Sang Biduan Ternyata Punya Tujuan Ini, Sara Wijayanto: Ngelindungin

Sayangnya rancangan perpres yang tengah disusun Kemenhan itu bocor ke publik dan kemudian jadi kontroversi setelah dibuka oleh beberapa pihak.

Kemenhan menyatakan masih dalam proses menggodok regulasi tersebut.

Indonesia memang terkenal negara dengan belanja militer besar.

Baca Juga: Dibelanjakan Betrand Peto Pakai ATM Ruben Onsu, Sang Adik Auto Ketakutan, Kevin: Jangan Banyak-banyak

Dikutip dari Global Fire Power, Indonesia menduduki urutan ke-31 belanja militer terbesar di dunia dengan USD 9,2 miliar per tahun (Rp 130 Triliun).

Anggaran itu terasa kecil dengan anggaran negara tetangga, Australia, yang mencapai USD 42,7 miliar per tahun (Rp 607 Triliun).