Find Us On Social Media :

Pilih PPKM Mikro untuk Hajar Covid-19 Gelombang 2 di Indonesia, Jokowi: Bisa Dijalankan Tanpa Mematikan Ekonomi Rakyat!

Jokowi tinjau vaksinasi masal di Istora Senayan didampingi Menkes.

Gridhot.ID - Indonesia kini memang sedang dihajar gelombang dua dari wabah covid-19.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, angkat infeksi yang terjadi baru-baru ini bahkan meningkat cukup signifikan.

Presiden Jokowi kini langsung berusaha menjalankan PPKM Mikro untuk mencegah wabah menjadi lebih parah.

Baca Juga: Lebih Sering Sendirian Ketimbang Bareng Stefan William, Goyangan Celine Evangelista Mendadak Curi Perhatian, Netizen: Inilah yang Membuat Keblinger

Presiden Joko Widodo membeberkan alasan memgambil kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro dalam penanganan pandemi virus corona (Covid-19).

Dikutip Gridhot dari Kontan, PPKM mikro telah diputuskan untuk kembali diperketat mengingat adanya lonjakan kasus positif Covid-19 akibat libur panjang Idul Fitri. Kebijakan tersebut diambil untuk dapat memastikan ekonomi masyarakat dapat tetap berjalan.

"Pemerintah melihat bahwa kebijakan PPKM mikro masih menjadi kebijakan yang paling tepat untuk konteks saat ini, untuk mengendalikan Covid-19 karena bisa berjalan tanpa mematikan ekonomi rakyat," ujar Jokowi dalam keterangan resmi di Istana Bogor, Rabu (23/6).

Baca Juga: Sedikit Bisa Bernafas Lega, Vaksin yang Sempat Diragukan Kemanjurannya Ini Diklaim Ampuh Tangkal Virus Corona Delta: Efektif Sampai 90 Persen

Jokowi mengungkapkan pilihan tersebut telah mempertimbangkan masukan dari berbagai pihak. Termasuk dengan mempelajari penerapan pembatasan di sejumlah negara.

Kepala Negara Republik Indonesia itu memastikan tak mengambil opsi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) atau pun karantina wilayah atau lockdown. Keduanya dinilai memiliki esensi yang sama dengan PPKM mikro.

"Saya sampaikan bahwa PPKM mikro dan lockdown memiliki esensi yang sama yaitu membatasi kegiatan masyarakat," terang Jokowi.

Baca Juga: Tren Give Away-nya Disalahgunakan hingga Nyasar ke Meriam Bellina, Baim Wong Langsung Kena Semprot Sang Artis Senior: Masa Kasih Bantuan ke Saya Cuma 75 Juta