Find Us On Social Media :

CPNS 2021 Terbuka untuk Diaspora, WNI di Luar Negeri Tak Perlu Pulang ke Indonesia, Berikut Formasi yang Dibutuhkan dan Persyaratannya!

Diaspora bisa daftar seleksi CPNS dan PPPK 2021

Gridhot.ID - Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 dibuka serentak pada Rabu (30/6/2021) pukul 18.30 WIB.

Pendaftaran dibuka 3 minggu hingga 21 Juli 2021 melalui portal SSCASN Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Adapun formasi yang dapat mengikuti CPNS dan PPPK antara lain pelamar dengan kriteria cumlaude, putra-putri Papua, penyandang disabilitas, dan diaspora.

Baca Juga: Ditunggu-tunggu Satu Indonesia, Pendaftaran CPNS 2021 Akhirnya Diumumkan Besok, Catat Dokumen dan 6 Alur Seleksi yang Wajib Diketahui!

Bagi diaspora, pihak panitia seleksi nasional (Panselnas) CPNS dan PPPK telah menerapkan mekanisme pendaftaran seleksi.

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Suharmen mengatakan, pelamar dari kriteria diaspora bisa mendaftarkan secara daring (online) melalui SSCASN.

"Bagi adik-adik kita diaspora, mereka juga bisa mengikuti seleksi atau pendaftaran calon ASN ini. Bagaimana mekanisme pendaftarannya? Mereka tidak mendaftar melalui sistem aplikasi SSCASN," ujarnya dalam konfrensi virtual, Selasa (29/6/2021) dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Minimal Lulusan S1, Kemlu Buka Ratusan Formasi CPNS 2021, Diplomat dan 2 Jabatan Ini Bakal Ditugaskan di Luar Negeri

Langkah berikutnya, tim Panselnas akan melakukan verifikasi administrasi pelamar diaspora sekaligus mengetahui jumlah pelamar yang lolos nantinya.