Find Us On Social Media :

Sabar, Daftar Tunggu Haji Disebut Bisa Sampai 30 Tahun Gara-gara Covid-19 Masih Mengganas

Ilustrasi calon haji

Gridhot.ID - Wabah covid-19 memang masih menghantui banyak negara.

Dikuti Gridhot dari Tribunnews, Indonesia bahkan sedang mengalami gelombang kedua.

Angka kasus covid-19 yang meroket tajam hingga rumah sakit yang mulai penuh membuat Indonesia kini sedang dalam kondisi darurat.

Pandemi Covid-19 juga berdampak pada penyelenggaraan ibadah haji ke Tanah Suci.

Baca Juga: Innalillahi, Opick Berduka, Sosok yang Meninggal Dunia Usai Hirup Napas Pasien Covid-19 Ternyata Sahabatnya Sendiri: Semoga Diampunkan Segala Khilaf dan Dosanya

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, akibat pandemi yang menjalar di seluruh dunia ini, Indonesia sudah 2 tahun libur mengirimkan jamaah haji ke arab Saudi.

Direktur Jenderal Perimbangan Kementerian Keuangan, Astera Primanto Bhakti menyebut, pandemi membuat daftar tunggu (waiting list) ibadah haji jadi makin panjang.

Calon jemaah harus menunggu waktu hingga puluhan tahun.

"Daftar tunggu (waiting list) menjadi semakin lama bahkan saat ini bisa lebih 20-30 tahun," kata Astera dalam webinar Pengelolaan Dana Haji, Senin (19/7/2021).

Baca Juga: Ayah Mertua Bereaksi Lihat Rizki DA dan Nadya Mustika Rujuk, Doakan Hal Ini, Warsa: Kan Jalan Itu Enggak Selalu Lurus

Pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Ikatan Ahli Ekonomi Indonesia (IAEI) ini menyebut, waiting list semakin panjang karena tingginya animo masyarakat RI terhadap pelaksanaan ibadah haji.

Memang, jemaah asal Indonesia merupakan jemaah yang terbanyak dibanding negara lain di luar Arab Saudi, seperti Pakistan, India, Bangladesh, dan Mesir.