Find Us On Social Media :

Jadi Barang Langka Dimana-mana, Penjualan Tabung Oksigen di Tulungagung Diduga Tak Berisi O2 Murni, Ketahuan Gara-gara Ikan Koi, Kok Bisa?

tabung oksigen medis

GridHot.ID - Akhir-akhir ini, informasi soal langkanya pasokan oksigen menjadi sorotan.

Melansir Tribunnews.com, lonjakan signifikan kasus virus corona (Covid-19) yang terjadi saat ini di Indonesia membuat sistem kesehatan di negara ini kolaps.

Nyaris semua fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) penuh, begitu pula dengan alat penunjang kesehatan yang kini sangat terbatas.

 Baca Juga: Niat Cari Untung Berujung Buntung, Kakak Adik di Sidoarjo Dicokok Polisi Usai Jual Tabung Oksigen dengan Harga Selangit, 2 Kali Lipat Lebihi HET

Bahkan pada sebagian wilayah terdapat kelangkaan tabung oksigen.

Namun, dilansir dari Surya.co.id, baru-baru ini peredaran dan penjualan tabung oksigen palsu yang diduga terjadi di Tulungagung terkuak setelah dibongkar oleh kelompok pembudidaya ikan hias koi, Sol Koi.

Pembudidaya koi di Dusun Leksono, Desa Bendiljati Wetan, Kecamatan Sumbergempol itu menemukan tabung oksigen yang diduga diisi udara biasa dan bukan oksigen murni.

 Baca Juga: Mulutmu Harimaumu, Awalnya Koar-koar di Sosmed Tak Pecaya Covid-19, Akun Akmal Munier Mendadak jadi Sorotan Netizen Usai Posting Kondisinya Pakai Selang Oksigen

Ketua Kelompok Sol Koi, Alipin mengatakan, tabung berwarna hitam ternyata berisi oksigen palsu itu didapat oleh temannya. “Kami sekarang kebingungan mencari oksigen. Kebetulan ada yang dapat, katanya dari Pacitan,” terang Alipin, Selasa (20/7/2021).

Satu tabung diminta oleh Sol Koi karena akan digunakan untuk mengirim ikan. Dua lainnya dipinjam untuk dipakai seseorang yang sedang sakit.