Find Us On Social Media :

Disuntikkan ke Tubuh Jokowi, Vaksin Sinovac Punya 6 Cara Kerja Agar Covid-19 Langsung Keok Saat Masuk ke Badan, Begini Tahapannya

Jokowi saat menerima vaksin Sinovac

Gridhot.ID - Vaksin Sinovac jadi salah satu vaksin covid-19 yang digunakan pertama kali di Indonesia. Dikutip Gridhot dari Kompas.com, vaksin Sinovac bahkan disuntikkan ke tubuh presiden Jokowi yang jadi orang pertama memulai program vaksinasi di Indonesia.

Vaksin Sinovac sendiri bukanlah vaksin sembarangan.

Dikutip Gridhot dari Kontan, CoronaVac adalah vaksin virus corona yang dikembangkan oleh perusahaan swasta China, Sinovac. ​Vaksin ini satu dari tujuh jenis vaksin Covid-19 yang akan digunakan di Indonesia.

Baca Juga: Satu Geng dengan Nindy Ayunda, Ashanty Respon Curhatan Olla Ramlan yang Mengaku Ditusuk Teman dari Belakang, Istri Anang Hermansyah: Cukup Tahu Saja

Sinovac menggunakan metode inactivated untuk mematikan virus sehingga vaksin tersebut tidak mengandung virus hidup atau yang dilemahkan. Sinovac telah melakukan tahap uji klinis untuk memastikan keamanannya.

Dirangkum dari New York Times, berikut 6 cara kerja vaksin Sinovac:

1. Terbuat dari virus corona

Untuk membuat CoronaVac, para peneliti Sinovac memulainya dengan mengambil sampel virus corona dari pasien di China, Inggris, Italia, Spanyol, dan Swiss. Satu sampel dari China akhirnya menjadi dasar pembuatan vaksin.

CoronaVac bekerja dengan membuat antibodi untuk melawan virus corona SARS-CoV-2. Antibodi menempel pada protein virus.

2. Menonaktifkan virus corona

Para peneliti menumbuhkan stok besar virus corona di sel ginjal monyet. Kemudian mereka menonaktifkan virus dengan bahan kimia yang disebut beta-propiolakton.

Baca Juga: Polah Tingkah Ayu Ting Ting yang Dituding Palgiat Konten YouTube, Anak Ayah Rozak Terang-terangan Sindir 'Mbak Lambe': Terimakasih Sudah Menviralkan