Find Us On Social Media :

Tiap Merek Beda-beda, Vaksin Covid-19 Paling Sering Timbulkan Efek Samping Ini Setelah Suntikan Pertama dan Kedua

Jokowi saat menerima vaksin Sinovac

Gridhot.ID - Pemerintah memang sudah mulai menggalakan vaksinasi covid-19.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, Vaksin Sinovac jadi vaksin pertama yang mulai disuntikkan di Indonesia.

Indonesia sendiri sudah berusaha membawa pulang beberapa merek vaksin terkemuka agar herd immunity bisa segera tercapai.

Dikutip Gridhot dari Kontan, orang-orang yang telah melakukan vaksinasi Covid-19 dilaporkan mengalami gejala tertentu efek setelah dilakukannya vaksinasi Covid-19.

Baca Juga: Digaji Lebih Tinggi dari UMR Jakarta, ART Inul Daratista Mengaku Bisa Beli Sapi dan Sawah, Istri Adam Suseno: Tenang Kalau Orang Sekeliling Saya Sejahtera Hidupnya

Apakah efek samping yang muncul dapat dikatakan wajar? Lalu adakah gejala tertentu yang timbul setelah vaksinasi Covid-19?

Mengutip dari kesmas kemkes, vaksin adalah produk biologi berisi antigen berupa mikroorganisme atau zat yang telah dihasilkannya diolah sedemikian rupa.

Apabila diberikan kepada seseorang, maka orang tersebut dapat secara aktif kebal terhadap penyakit-penyakit tertentu.

Vaksinasi itu sendiri merupakan suatu proses dimana seseorang menjadi kebal dari suatu penyakit. Apabila suatu saat orang tersebut terkena penyakit tersebut, maka ia hanya akan merasakan gejala ringannya saja atau bahkan tidak sakit sama sekali.

Baca Juga: Detik-detik Terakhir Kepergian Henny Manopo, Tak Ditemani Amanda Manopo Selaku Anak, Manajer Ungkap Kesedihan Ini

Menurut WHO dalam who.int, sebagian efek samping yang dirasakan mereka yang disuntik vaksin adalah berupa pegal pada bagian yang disuntik, demam, sakit kepala, menggigil, diare, kedinginan.

Efek samping yang disebut WHO sejalan dengan hasil uji yang dilakukan oleh Tim Riset Uji KlinikVaksin Covid-19 dari Universitas Padjadjaran yang menyebutkan bahwa efek samping setelah divaksin bersifat ringan.