Find Us On Social Media :

Sesumbar Punya Dana Abadi Senilai Ratusan Triliun di AS, Timor Leste Justru Bakal Jadi Negara Mati 10 Tahun Mendatang, Ternyata Hal Ini Pemicunya

ilustrasi bendera Timor Leste

GridHot.ID - Timor Leste diketahui sebagai negara yang memilih memerdekakan diri dari Indonesia.

Namun, usai memisahkan diri dari Indonesia, perekonomian Timor Leste justru memprihatinkan.

Dilansir dari Intisari-online sebelumnya, salah satu masalah yang memicu konflik internal Timor Leste adalah masalah perekonomian yang makin terpuruk.

Bahkan baru-baru ini Sebuah pernyataan mengejutkan keluar dari mantan Perdana Menteri dan Presiden Timor Leste Xanana Gusmao.

Bukannya membela negaranya, Xanana Gusmao malah memprediksi dalam 10 tahun mendatang Bumi Lorosae akan jadi negara mati.

Berikut penjelasannya.

Melansir Tribun-medan.com, sejarah Timor leste merdeka dimulai tahun 1999 saat dilakukan Referendum pemisahan diri Timor Timur diizinkan Presiden BJ Habibie pada Agustus 1999.

Baru pada 20 Mei 2002 terbentuklah negara Timor Leste sebagai negara dengan kedaulatan penuh, lepas dari Republik Indonesia.

Melansir Hot.grid.id, bertahun-tahun setelah merdeka, Mantan Perdana Menteri Timor Leste, Xanana Gusmao membeberkan permasalahan pokok negara itu, yakni kemiskinan.

Baca Juga: Perekonomiannya Jauh dari Sejahtera, Timor Leste Tetap Keukeuh Gunakan Dollar AS untuk Mata Uang, Ini Alasan Dibaliknya