Find Us On Social Media :

Bank Soal CPNS 2021, Inilah Contoh Soal Tes Analogi untuk Ujian SKD, Lengkap dengan Kunci Jawaban

Ilustrasi tes CPNS

GridHot.ID - Kalian yang belum melakukan ujian SKD CPNS 2021, yuk belajar tentang tes analogi.

Sebagaimana diketahui dari Tribunnews.com, tea analogi merupakan satu di antara beberapa materi yang terdapat dalam ujian SKD CPNS 2021.

Tes analogi termasuk dalam kelompok soal TIU.

Tes analogi bertujuan untuk mengukur kemampuan individu dalam bernalar melalui perbandingan dua konsep kata yang memiliki hubungan tertentu kemudian menggunakan konsep hubungan tersebut pada situasi yang lain.

Baca Juga: Bank Soal CPNS 2021, Berikut Contoh Latihan Soal TIU Numerik tentang Perbandingan Kuantitatif Dilengkapi Tips dan Trik Mengerjakannya

Dalam tes analogi, kemampuan seseorang akan dinilai terutama dalam mengartikan artis sebuah kata, fungsi kata, hubungan antar kata dan pemakaian serta padanan fungsi dengan kata yang lain.

Untuk menjawab pertanyaan padanan kata, terlebih dulu mesti merumuskan hubunjgan antara kata-kata yang diberikan dan kemudian mengidentifikasi pilihan jawaban yang mengandung kata-kata berkaitan satu sama lain.

Berikut contoh soal tes analogi beserta kunci jawaban yang dikutip dari Serambinews.com.

Baca Juga: Bank Soal CPNS 2021, Berikut Kumpulan Soal Tes Analogi Lengkap dengan Kunci Jawaban, Bisa untuk Persiapan Tes SKD