Find Us On Social Media :

Makin Sering Beli Makanan Online Selama Pandemi Corona? Waspada!, Dr. Ray Wagiu Basrowi ungkap Dampaknya, Ada Hubungan dengan Kesehatan Jiwa

Dokter Ray Wagiu Basrowi

Gridhot.ID- Pandemi virus corona yang sudah berjalan lebih dari 1,5 tahun ini memberikan dampak bagi kehidupan setiap orang, tak terkecuali para pekerja.

Tak tanggung-tanggung, dampak yang diberikan bahkan hingga mempengaruhi kesehatan mental para pekerja.

Pasalnya, di tengah sistem kerja work from home ini membuat orang berhadapan dengan sejumlah tuntutan mulai jam kerja yang panjang, mendampingi kelas online anak, pemotongan gaji, hingga mengurus keluarga yang sakit.

Baca Juga: Namanya Selalu Sepaket dalam Film Tapi Tak Saling Jatuh Cinta, Hubungan Yessy Gusman dan Rano Karno Terungkap, Sang Aktor Selalu Menyebutnya dengan Panggilan Khusus Ini

Alhasil, hal ini pun membuat banyak pekerja mengalami depresi dan kecemasan karena tidak mampu menyeimbangkan kehidupan pekerjaan dan urusan rumah tangga.

Terlebih sistem kerja WFH membuat orang seperti tidak punya waktu untuk diri sendiri, serta tugas dan tanggung jawab yang terlalu banyak.

Pandemi COVID-19 dan pemberlakuan PPKM di Indonesia ternyata tidak hanya memengaruhi pola kehidupan masyarakat, tetapi juga mengubah persepsi masyarakat terhadap pengalaman pembelian makanan secara online.

Baca Juga: Legenda Bulu Tangkis Kecewa, Indonesia Menang Tanpa Bendera Merah Putih di Podium Piala Thomas, Taufik Hidayat Sindir Pemerintah: Kerjamu Ngapain Aja?

Sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Health Collaborative Center (HCC) dengan Peneliti Utama Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi pada 3806 responden yang terdiri dari 82% perempuan dan 18% laki-laki, yang tersebar di 20 provinsi di Indonesia.

Dalam penelitian tersebut menunjukkan bahwa ternyata selama periode PPKM kegiatan membeli makanan secara online dapat dikategorikan sebagai coping stress.

Terbukti 7 dari 10 responden mengatakan menikmati pembelian makanan secara online sebagai bagian dari aktivitas dirumah saja.

Baca Juga: Bank Soal CPNS 2021, Simak Soal SKD Tes Karakteristik Pribadi, Dilengkapi Kunci Jawaban dengan Skor Tertinggi