Find Us On Social Media :

Niat Pamer Otot Patroli Tantang Kelakuan Tiongkok yang Klaim Laut China Selatan, Kapal Selam AS Malah Tabrak Gunung Bawah Laut, Komandannya Langsung Dipecat Karena Alasan Ini

Ilustrasi Kapal Selam Amerika Serikat

Gridhot.ID - Laut China Selatan memang terus memanas akibat aksi Tiongkok beberapa tahun belakangan.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, klaim Tiongkok atas wilayah Laut China Selatan membuat beberapa negara kebingungan, bahkan Amerika Serikat sampai turun tangan atas tindakan ini.

Namun sayangnya AS harus meredam malu akibat kelakukan salah satu komandannya di tengah patroli di Laut China Selatan.

Dikutip Gridhot dari Kontan, Angkatan Laut AS memecat komandan, pejabat eksekutif, dan top enlisted sailor kapal selam bertenaga nuklir yang menabrak gunung bawah laut pada 2 Oktober lalu. Sebab, insiden itu bisa dicegah.

Baca Juga: Akhirnya Hasil Autopsi Keluar, Ternyata Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah Alami Benturan Parah di Bagian Tubuh Ini

Komandan Cameron Aljilani dan dua orang lainnya dicopot dari posisinya pada Kamis (4/11) menyusul penyelidikan atas insiden di Laut China Selatan.

Akibat kecelakaan itu, USS Connecticut terpaksa berlayar di permukaan selama seminggu untuk mencapai Guam.

“Penilaian yang baik, pengambilan keputusan yang bijaksana, dan kepatuhan terhadap prosedur yang diperlukan dalam perencanaan navigasi, pelaksanaan tim pengawasan, dan manajemen risiko bisa mencegah insiden tersebut,” kata Armada ke-7 Angkatan Laut AS dalam sebuah pernyataan, Kamis (4/11), seperti dikutip Al Jazeera.

Setelah penilaian kerusakan di Guam, USS Connecticut akan kembali ke pangkalan kapal selam AS di Bremerton, Washington, untuk perbaikan.

Baca Juga: Satu per Satu Kebaikan Vanessa Angel Terungkap, Sering Bantu Usaha Kecil Hingga Endorse Gratis, Rate Card Ratu FTV Ini Bikin Netizen Takjub