Find Us On Social Media :

Ini Dia Profil Novalia Pishesha, Arek Malang Tulen yang Jadi Peneliti di AS dan Berhasil Temukan Vaksin Covid-19 yang Mudah Diproduksi di Indonesia, Pernah Setara dengan Mark Zuckerberg dan Pendiri Google

Profil Novalia Pishesha

Gridhot.ID - Sosok Novalia Pishesha kini sedang mendapat sorotan.

Dikutip Gridhot dari Tribunnews, Nova kini mendapat sorotan berkat hasil temuannya.

Nova yang merupakan peneliti asli Indonesia tersebut melakukan tugasnya di Amerika Serikat dan berhasil menemukan kandidat vaksin covid-19 baru yang bakal mudah untuk diproduksi di Indonesia.

Bahkan nantinya vaksin tersebut akan lebih murah untuk diproduksi.

Baca Juga: Lowongan Kerja BUMN PT Nindya Karya Terbaru, Simak Kualifikasi Lengkap Berikut

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, Nova, nama panggilannya, pada awal November 2021, menerbitkan jurnal ilmiah tentang kandidat vaksin Covid-19 berbasis protein yang ia kembangkan, yang menyasar langsung sel-sel penyaji antigen (antigen-presenting cells/APCs), pada jurnal PNAS (Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America).

Ia beserta timnya mengujicobakan vaksin itu terhadap tikus muda dan tua. Hasilnya, metode itu memicu kekebalan tubuh tikus terhadap SARS-CoV-2 – virus penyebab Covid-19 – dan variannya.

Dirinya mengatakan kandidat vaksin miliknya efektif 100 persen karena semua tikus uji coba terbukti terlindungi.

Profil Novalia Pishesha

Akhir Oktober lalu, Nova masuk ke dalam daftar 35 inovator Asia Pasifik berusia di bawah 35 tahun versi MIT Technology Review, karena dianggap mempelopori teknologi nanobodi untuk pengobatan penyakit autoimun.

Baca Juga: Haters Wajib Waspada, Ternyata KD Bukan Satu-satunya, Ayu Ting Ting Kini Tengah Buru Akun Lain yang Kerap Hina Dirinya dan Keluarganya