Find Us On Social Media :

Vaksin Covid-19 Dosis Ketiga Tak Dibagikan Cuma-cuma ke Semua Warga, Berikut Daftar Prediksi Harga Vaksin Booster yang Bakal Digunakan di Indonesia

ilustrasi vaksin booster Covid-19.

GridHot.ID - Vaksin booster Covid-19 rencananya mulai akan rilis pada 2022 besok.

Melansir Gridhealth.id, vaksin booster merupakan dosis vaksin tambahan yang bertujuan memberikan perlindungan ekstra terhadap penyakit karena efek dari beberapa vaksin yang dapat menurun seiring waktu.

Vaksin booster umum diberikan pada infeksi virus, seperti tetanus, difteri, dan pertusis (DTaP) yang membutuhkan booster setiap 10 tahun.

 Baca Juga: Obat Covid-19 Berwujud Pil Versi Generik Bakal Segera Dibuat Raksasa Farmasi Dunia, Kehidupan Normal Tinggal Sejengkal Tangan

Pemberian vaksin booster dipercaya akan membantu sistem kekebalan mengingat virus penyebab penyakit.

Jika tubuh kembali terpapar virus tersebut, antibodi dapat mengenali dan membunuhnya sebelum menyebabkan kerusakan.

Dilansir dari Kontan.co.id, pemerintah terus mematangkan rencana pemberian vaksin Covid-19 dosis ketiga alias booster berbayar mulai tahun depan. Tidak semua warga mendapatkan vaksin Covid-19 dosis ketiga alias booster secara gratis. Lalu, berapa harga vaksin Covid-19 dosis ketiga alias booster?

 Baca Juga: Program Vaksin Booster Covid-19 Tinggal Selangkah Lagi Meluncur, Moderna Jadi yang Paling Mahal, Ini Merek Termurah yang Bisa Dibeli Masyarakat

Rencananya, pemerintah akan membagi penerima vaksin booster menjadi dua, yakni gratis dan berbayar. Vaksin booster gratis hanya untuk peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan Nasional dan aparatur sipil negara (ASN). Sedangkan di luar itu, penerima vaksin Covid-19 booster harus bayar.

Juru bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi menyatakan, pemerintah akan menggulirkan pemberian vaksin dosis ketiga saat 50% sasaran program vaksinasi telah mendapatkan suntikan lengkap atau dua dosis.