Find Us On Social Media :

Rekam Jejak 21 Tahun Konflik Afganistan, Berikut Kronologi Awal Invasi Tentara Amerika hingga Peralihan Pemerintahan ke Taliban

Sudah ribuan tentara Amerika tewas di Afganistan akibat serangan Taliban.

Gridhot.ID - Tanah Afganistan sudah puluhan tahun menjadi medan perang Amerika Seikat.

Dilansir dari Kompas.com, perang Afghanistan bermula pada 2001 saat Amerika Serikat (AS) membalas serangan 11 September atau tragedi 9/11 yang didalangi Al Qaeda.

Di Afghanistan, Al Qaeda dilindungi oleh Taliban yang kemudian diperangi AS selama 20 tahun.

Perang Afghanistan berakhir setelah dua dekade, ditandai dengan penarikan pasukan AS dari Afghanistan terakhir pada Selasa (31/8/2021).

Berikut adalah kronologi peristiwa-peristiwa penting dalam Perang Afghanistan yang dihimpun AFP.

Baca Juga: Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun, Sebelum Hembuskan Napas Terakhir, Laura Anna Pajang Foto Nikita Mirzani di WhatsApp: Gak Akan Pernah Ganti Foto WA Aku...

Awal invasi AS ke Afghanistan

Pada 7 Oktober 2001 - kurang dari sebulan setelah serangan 11 September yang menewaskan sekitar 3.000 orang di AS - Presiden George W Bush meluncurkan "Operasi Kebebasan Abadi" di Afghanistan.

Taliban yang berkuasa di Afganistan saat itu melindungi Osama bin Laden dan gerakan Al Qaeda-nya, yang melakukan serangan 9/11.

Operasi tersebut membuka front militer perang AS melawan teroris, dan dalam beberapa minggu pasukan pimpinan AS menggulingkan Taliban, yang berkuasa sejak 1996.

Sekitar 1.300 tentara Amerika mendarat pada November 2001, lalu meningkat menjadi hampir 10.000 pada tahun berikutnya.

Baca Juga: Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun, Laura Anna Meninggal Dunia, Kuasa Hukum Gaga Muhammad Turut Sampaikan Bela Sungkawa: Turut Berduka Cita Atas Nama Pribadi