Find Us On Social Media :

Erupsi Susulan Gunung Semeru Bikin Khawatir, Viral Video Detik-detik Orang Berpakaian Oranye Lari Terbirit-birit, Kabid BPBD Lumajang Langsung Suruh Petugasnya Balik Kanan

Petugas SAR di Supiturang, Pronojiwo, Lumajang, berlarian saat erupsi susulan Gunung Semeru, Kamis (16/12/2021)

GridHot.ID - Gunung Semeru pagi ini (16/12/2021) sekira pukul 09.00 kembali erupsi.

Sejumlah warga desa dan relawan harus mengamankan diri.

Melansir Kompas.com, sebuah video yang memperlihatkan sejumlah relawan di Gunung Semeru berlarian, beredar di grup WhatsApp dan media sosial, Kamis (16/12/2021).

Baca Juga: Kejadiannya Beruntutan dengan Bencana Semeru, BMKG Ungkap Gempa di Larantuka NTT Tak Terkait Aktivitas Vulkanik, Berikut Penjelasannya

Tampak petugas SAR yang mulanya sedang melakukan pencarian terhadap korban Gunung Semeru, mendadak berlari tunggang-langgang.

Video tersebut di unggah di platform media sosial melalui akun Instagram @Call112surabaya.

Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, Joko Sambang membenarkan video tersebut.

Baca Juga: Viral Kakek Misterius Lempar Kertas Pada Jokowi saat Kunjungi Semeru di Tengah Penjagaan Ketat Paspampres, Fakta Sebenarnya Terungkap!

Video direkam sekitar pukul 09.30 WIB saat awan panas guguran (APG) kembali menerjang wilayah tersebut.

"Iya video itu petugas yang ada di tambang pasir Haji Satuhan. Erupsi Semeru berupa Awan Panas Guguran (APG), tercatat di seismogram amplitudo maksimum 25 mm lama gempa 912 detik. Jarak luncur 4.5 km dari puncak arah Besuk Kobokan," kata Joko saat dikonfirmasi via telepon, Kamis (16/12/2021).