GridHot.ID - Mayarakat Indonesia tentu sudah tidak asing dengan Indomie.
Indomie merupakan salah satu merek mie instan yang paling banyak digemari masyarakat.
Bahkan beberapa waktu lalu, varian Indomie Goreng dinobatkan sebagai mi goreng instan terenak versi New York Magazine atau NY Magazine.
Penilaian terhadap mi instan oleh NY Magazine pun dibagi atas beberapa kategori, yakni mi kuah instan terenak, mi goreng instan terenak, serta mi pedas instan terenak.
Indomie Goreng pun masuk dalam kategori mi goreng instan terenak.
Tak tanggung-tanggung, dua rasa Indomie Goreng dinilai jadi yang terenak versi NY Magazine. Yakni, Indomie Goreng original dan Indomie Goreng rasa ayam panggang.
Namun demikian, baru-baru ini, sebuah unggahan cerita konsumen yang komplain karena mendapatkan Indomie tanpa bumbu viral di media sosial.
Unggahan itu dibagikan akun Edwin Achmad di grup Facebook Dunia Mie Instan pada Rabu (22/12/2021).
Pengunggah bercerita, pada November 2021, dia mengaku mendapatkan Indomie yang isiannya tidak lengkap, tidak ada bumbu, bawang goreng, saus, kecap, dan minyaknya.
Tidak hanya satu bungkus Indomie, tapi dua bungkus Indomie yang kondisinya seperti itu.
"Terus abis itu inget kan pernah ada yang komplen gitu, yaudah ngikutin deh, dan ternyata dibales dong, dan disuruh isi data gitu, abis itu yaudah," tulis pengunggah.
Setelah mengisi data yang diminta, mulai dari nama, nomor telepon, alamat lengkap, hingga mengirimkan foto kondisi Indomie beserta bungkusnya, dia mengaku mendapatkan Indomie pengganti.
Dituliskan, ada 10 bungkus Indomie yang dikirimkan kepadanya.
"Ya kalo di kasih hadiah syukur, kalo engga jg gapapa, karena mungkin ya cuman bisa ngasih keluhan doang, beda lagi kalo admin indomienya langsung kirim resi di hari itu jg wkwk," tulis pengunggah lagi.
Hingga Sabtu (25/12/2021) malam, unggahan tersebut telah disukai lebih dari 2.200 kali, dikomentari 538 kali, dan dibagikan 416 kali oleh warganet Facebook.
Lantas, bagaimana penjelasan pihak Indomie terkait hal ini?
Melansir Kompas.com, General Manager Corporate Communication PT Indofood Sukses Makmur Tbk, Stefanus Indrayana, menegaskan bahwa kepuasan konsumen adalah fokus utama bagi PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
"Kami memiliki layanan kosumen yang akan menampung saran, kritik termasuk komplain dari produk kami," ujar Indrayana, saat dihubungi, Sabtu (25/12/2021).
Layanan konsumen Indomie, imbuh dia, siap melayani 24 jam dan akan memberikan respons maksimal 2x24 jam pada hari kerja.
Sehingga, apabila ingin memberikan masukan atau keluhan, konsumen dapat menghubungi Indomie melalui sejumlah saluran.
Mulai dari call center Indomie, 0800-181-8888, email ke indomie@icbp.indofood.co.id atau dirrect message (DM) akun media sosial, khususnya Instagram Indomie, @Indomie.
"Komplain berkaitan dengan produk, konsumen dapat menyampaikan apa yang dialami, berikut informasi produk yang dibeli dan data konsumen, agar tim layanan konsumen dapat melakukan follow up lebih lanjut," kata dia.
(*)