Find Us On Social Media :

Pulau Milik Indonesia Ini Pernah Terang-terangan Diklaim Malaysia, Tito Karnavian Tak Tinggal Diam, Mendagri Beri Ultimatum Begini

Mendagri, Gubernur Kepulauan Riau, dan wamenhan, tampak meninjau Pulau Karang Singa.

GridHot.ID - Indonesa akan berupaya untuk terus melindungi Pulau Karang Singa yang terletak di antara perbatasan Indonesia, Singapura, dan Malaysia.

Melansir Kompas TV, di bawah Koordinator Zona Keamanan Laut, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Gubernur Kepulauan Riau, dan Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan), tampak meninjau pulau Karang Singa baru-baru ini.

Mereka melakukan itu untuk menegaskan bahwa Pulau Karang Singa adalah bagian dari wilayah teritorial Indonesia.

Sebelumnya, Malaysia sempat terang-terangan mengklaim kepemilikan pulau terdepan ini masuk ke dalam wilayah teritorialnya.

Mendagri Tito Karnavian, mengatakan pemerintah terus menjaga kedaulatan, terlebih di wilayah perbatasan.

Aset bangsa harus terus dijaga, sehingga tidak boleh lengah.

Pulau Karang Singa, merupakan pulau yang berjarak sekitar 3,70 mil laut Tanjung Sading, Kecamatan Bintan Utara, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau.

Pulau ini berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia.

Selanjutnya, untuk menjaga kedaulatan NKRI, pemerintah rencananya tahun ini akan membangun mercusuar, dan helipad untuk menjaga pulau terdepan Indonesia.

Baca Juga: Indonesia Kembali Pepet Israel, Menhan Prabowo Ternyata Diam-diam Punya Strategi Ini dengan Gandeng Negeri Yahudi, Tiba-tiba Impor Senjata Senilai Rp 18,6 Miliyar

Melansir Antara News, Wamenhan M. Herindra mengatakan pembangunan mercusuar dengan struktur permanen dan helipad di Karang Singa merupakan penanda kedaulatan Indonesia.

Herindra mengatakan, tak ingin kejadian sengketa antara Indonesia dan Malaysia pada tahun 2002 lalu terulang kembali.