Find Us On Social Media :

Sampah dari Indonesia Buat Angkatan Laut Australia Ketakutan Setengah Mati, Cara Para Sosok Legendaris Ini Buang Bungkusan Sisa-sisa Kini Melegenda di Dunia

Kapal Selam TNI AL

Gridhot.ID - Militer Indonesia memang selalu diperhitungkan banyak negara besar.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, beberapa kali Kopassus yang merupakan salah satu pasukan khusus TNI dimandat jadi salah satu pasukan paling mematikan di dunia.

Memang Indonesia sudah beberapa kali menjalani perang sehingga pasukan untuk melindungi negara dibentuk sekuat mungkin dari banyaknya pengalaman pahit peperangan tersebut.

Salah satu kisah di masa peperangan yang paling unik adalah yang satu ini.

Dikutip Gridhot dari Intisari, konfrontasi antara Indonesia-Malaysia tahun 1962 sampai 1966 banyak menyisakan kisah-kisah menarik untuk dikulik.

Salah satunya tentang bagaimana operasi-operasi satuan kapal selam atau Korps Hiu Kencana TNI AL yang membuat decak kagum kawan maupun lawan.

Biasanya satuan kapal selam di Indonesia bahkan semua negara dunia selalu mengandalkan kapal selam sebagai senjata strategis yang akan menjalankan 'Covert Mission' alias misi tersembunyi.

Saat itu tahun 1963-1964, konfrontasi Indonesia-Malaysia sedang panas-panasnya.

Semua unsur perang TNI pun disiagakan, tak terkecuali Korps Hiu Kencana.

Baca Juga: Prospek Kerja Bagus Tetapi Sepi Peminat, Inilah 7 Jurusan Kuliah yang Bisa Kamu Pilih, Ada Astronomi dan Oseanografi

Dengan alutsista andalan yakni Kapal Selam (KS) Whiskey Class buatan Soviet, Indonesia amat ditakuti kala itu.

Nah, lawan dari Indonesia pada konfrontasi itu bukan hanya dengan Malaysia.