Find Us On Social Media :

Bukti Alkuturasi dan Perkembangan Seni Ukir, Begini Sejarah Masjid Mantingan Jepara Hingga Dijadikan Cagar Budaya

Masjid Mantingan

GridHot.ID - Menjadi tempat penyebaran agama Islam, Indonesia memiliki beberapa masjid bersejarah yang tersebar di berbagai wilayah dari Sabang sampai Merauke.

Selain menjadi tempat ibadah, beberapa masjid memang diketahui menyimpan kisah bersejarah sehingga disebut masjid bersejarah.

Masjid bersejarah ini cocok dijadikan destinasi wisata religi saat bulan Ramadhan tiba.

Salah satu masjid yang menyimpan bukti sejarah adalah Masjid Mantingan.

Dilansir dari Kompas.com, Masjid Mantingan yang terletak di Jepara, Jawa tengah ini merupakan bentuk akulturasi budaya pra-Islam dan budaya Islam di bidang seni ukir atau seni pahat.Lantas bagaimana bentuk alkuturasinya ?

Alkulturasi Budaya Islam Seni Ukir

Dilansir dari Kompas.com,  seni ukir atau seni pahat tidak diperbolehkan dalam ajaran Islam, namun berkembang pesat saat zaman Islam Madya. 

Faktor penyebabnyanya adalah adanya ajaran Islam yang mengatakan bahwa seni ukir, seni patung dan seni lukis makhluk hidup (hewan dan manusia) tidak diperbolehkan.

Baca Juga: Konon Dibangun Wali Sanga Dalam Waktu Sehari Semalam, Masjid Agung Cipta Rasa Jadi Bukti Sejarah Penyebaran Islam di Wilayah Cirebon

Ajaran tersebut ditaati masyarakat muslim di Indonesia, terlebih di wilayah Jepara.

Maka, bentuk seni yang berkembang sebagai bentuk akulturasi budaya pra-Islam dan budaya Islam adalah;

Seni hias berupa seni ukir atau seni pahat yang dikembangkan dengan motif daun-daunan dan bunga-bungaan, seperti yang telah dikembangkan sebelumnya.