Find Us On Social Media :

Berstatus Negara Termiskin di Eropa, Ukraina Nyatanya Lebih 'Kaya' dari yang Publik Duga, Biaya Hidup Terendah di Dunia Tiap Warga Bisa Dapat Tanah Gratis dari Pemerintah

Militer Ukraina

Gridhot.ID - Invasi besar yang dilakukan Rusia ke Ukraina hingga kini masih menjadi sorotan dunia.

Dikutip Gridhot dari Tribunnews, sebagian warga Ukraina sudah mulai mengungsi dan sebagian lainnya turun menjadi prajurit untuk memperjuangkan tanah kelahirannya.

Diketahui memang Rusia melancarkan invasi besar-besaran ke Ukraina lewat darat, udara dan laut sejak Kamis 24 Februari 2022.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, hanya dalam waktu relatif singkat, pasukan Rusia sudah mencapai pinggiran ibu kota Kiev.

Ini merupakan serangan terbesar sebuah negara terhadap negara lain di Eropa sejak Perang Dunia II.

Kekhawatiran Barat tentang kemungkinan meletusnya perang besar kini menjadi kenyataan.

Membandingkan Rusia dan Ukraina bak bumi dan langit. Rusia menang segala-galanya di semua lini: senjata, jumlah personil militer, dan tentunya kemampuan ekonomi.

Sebagaimana diketahui, Ukraina sendiri merupakan negara termiskin di Eropa. Pendapatan domestik bruto (PDB) per kapitanya, bahkan masih kalah ketimbang Indonesia.

Dikutip dari data Bank Dunia, PDB per kapita Ukraina adalah sebesar 3.724 dollar AS atau setara dengan Rp 53.380.000 (kurs Rp 14.300).

Baca Juga: Dipertanyakan Netizen Gara-gara Enteng Keluar dari Oxford, Wirda Mansur Ngaku Perang Batin Kuliah Tapi Waktu Sholat Tabrakan Terus: Gue Jadi Mikir

Sementara PDB per kita Indonesia terbaru adalah 3.868 dollar AS atau Rp 55.459.000. Jika menggunakan patokan PDB per kapita, Ukraina memang berada di urutan pertama sebagai negara Eropa paling miskin.

Sementara di urutan kedua negara Eropa paling miskin adalah Georgia dengan PDB per kapita sebesar 4.290.