Find Us On Social Media :

Akibat Perang Saudara, Tahun 1526 M Pangeran Samudera Dirikan Masjid Sultan Suriansyah di Banjarmasin, Begini Sejarah Lengkapnya

Masjid Sultan Suriansyah, Banjarmasin

GridHot.ID - Banjarmasin terkenal dengan julukannya sebagai kota seribu masjid, pasalnya ibu kota Kalimantan Selatan ini memiliki banyak masjid bersejarah, yang cocok didatangi saat Ramadhan tiba.

Tentu, masjid bersejarah di Banjarmasin dapat dikunjungi sebagai destinasi wisata religi, apalagi saat bulan Ramadhan yang sebentar lagi akan datang.

Salah satu masjid bersejarah yang menyimpan banyak kisah panjang perjalanan penyebaran agama Islam di kawasan Banjarmasin dan cocok dijadikan destinasi wisata religi saat Ramadhan nanti adalah Masjid Sultan Suriansyah.

Pasalnya, Masjid Sultan Suriansyah merupakan masjid tertua yang ada di Kalimantan Selatan.

Berdirinya Masjid Sultan Suriansyah ini tak bisa dilepaskan dari Kerajaan Banjar.

Lantas, bagaimana sejarah berdirinya masjid kebanggaan Banjarmasin ini?.

Sejarah Masjid Sultan Suriansyah

Dikutip GridHot.ID dari Tribunnewswiki, dibangunnya Masjid Sultah Suriansyah tak lepas dari peristiwa perang saudara yang terjadi di masa lampau.

Perang saudara itu terjadi antara Sultan Suriansyah (Pangeran Samudera) dari Kerajaan Banjar dengan pamannya, Pangeran Tumenggung dari Kerajaan Negara Daha.

Baca Juga: Punya Arsitektur Khas Melayu, Begini Sejarah Masjid Agung Keraton Sambas, Tak Bisa Dilepaskan dari Kesultanan Brunei

Awalnya, keduanya sama-sama berasal dari Kerajaan Negara Daha.

Kala itu Kerajaan Negara Daha dipimpin oleh kakeknya Pangeran Samudera yang bernama Maharaja Sukarama.