Find Us On Social Media :

Nikmati Suasana Bak di Negeri India, Begini Sejarah Masjid An Nur Pekanbaru yang Mirip Taj Mahal, Lokasinya Dikelilingi Pohon Kurma

Masjid An Nur Pekanbaru, Riau.

GridHot.ID - Salah satu masjid bersejarah yang wajib di jadikan destinasi wisata religi saat bulan Ramadhan tiba adalah Masjid An Nur di Pekanbaru, Provinsi Riau.

Selain dijadikan sebagai tempat beribadah, masjid bersejarah An Nur ini cocok dijadikan sebagai tempat wisata religi saat bulan Ramadhan, lantaran Masjid An Nur memiliki arsitektur yang megah dan unik mirip bangunan Taj Mahal di India.

Sehingga, tidak jarang ada pula yang menyebut masjid bersejarah ini sebagai Taj Mahal nya Riau atau Taj Mahal nya Pekanbaru, cocok bukan untuk dijadikan destinasi wisata religi menjelang bulan Ramadhan nanti?.

Lantas, bagaimana sejarah pembangunan masjid ikonik kebanggaan warga Riau ini?.

Sejarah Masjid An Nur

Dikutip GridHot.ID dari Kompas.com, Masjid Agung Annur Pekanbaru dibangun pada tahun 1962 dan selesai tahun 1968.

Arsitek Masjid An Nur bernama Ir Roseno.

Berdirinya Masjid An Nur tak bisa dilepaskan dari peristiwa perpindahan Ibukota Provinsi Riau.

Pasalnya, dulu Ibukota Provinsi Riau terletak di Tanjung Pinang.

Baca Juga: Tak Bisa Dilepaskan dari Kesultanan Deli, Begini Sejarah Berdirinya Masjid Raya Al Mahsun Medan, Punya Arsitektur Unik Perpaduan Budaya Melayu, India dan Eropa

Sekitar tahun 1960-an, Ibukota Provinsi Riau akhirnya pindah ke Kota Pekanbaru.

Dalam rangka pembangunan Kota Pekanbaru, Gubernur Riau yang kedua yaitu Kaharuddin Nasution, mulai membangun berbagai macar infrastruktur dan fasilitas umum untuk masyarakat.