Find Us On Social Media :

Turis Rusia di Bali Kesusahan Tarik Tunai di ATM, Sandiaga Uno Ungkap Pemerintah Indonesia Akan Bantu dengan Cara Ini

Iluastrasi Turis Rusia di Bali.

GridHot.ID - Konflik Rusia dan Ukraina turut berimbas pada wisatawan mancanegara asal Rusia yang kini sedang berada di pulau Bali, Indonesia.

Pasalnya, semenjak Rusia melancarkan aksinya untuk menginvasi Ukraina, para wisatawan asal Rusia yang berada di Bali pun mengalami kesulitan keuangan. 

Dikutip GridHot.ID dari Kompas.com, semenjak negaranya menginvasi Ukraina, para wisatawan asal Rusia yang sedang berada di Bali itu diketahui tidak bisa menarik uang dari mesin ATM karena transaksinya diblokir. 

Untuk diketahui, sejumlah bank Rusia telah diblokir dari sistem Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication (SWIFT).

SWIFT adalah sistem pembayaran yang menghubungkan ribuan lembaga keuangan dari seluruh dunia, termasuk bank, agar bisa mengirim dan menerima data transaksi, serta memindahkan uang dengan cepat.

Pemblokiran tersebut lantas membuat warga Rusia kesulitan untuk menarik uangnya dari luar negeri, termasuk Bali, Indonesia.Terkait kejadian ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, pemerintah Indonesia siap membantu para wisatawan Rusia tersebut, termasuk lewat Kedutaan Besar (Kedubes) Rusia yang ada di Indonesia.

“Kita akan membantu jika mereka membutuhkan fasilitasi. Pihak Kedubes Rusia di Indonesia telah menyiapkan langkah–langkah dan telah menghadirkan kemudahan bagi warga negara Rusia. Demikian juga Kedubes Ukraina, untuk memudahkan warga Ukraina,” kata Sandiaga Uni, Senin (14/3/2022).Ia menambahkan, pihak Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) juga telah berkoordinasi dengan SAM (Staf Ahli Menteri) Manajemen Krisis, agar masalah ini tidak memburuk.

Baca Juga: Bak Curi Kesempatan Saat Perang Rusia Ukraina Masih Berkobar, China Ketahuan Seenak Jidat Menyusup ke Perairan Filipina, Ngaku Tak Bakal Menindas Tapi Sebar Kapal Perang di Mana-mana

Sandiaga Uno juga berharap, kedutaan besar kedua negara bisa membantu warga negaranya yang tengah menghadapi masalah.

Khsusunya bagi Kedutaan Rusia agar dapat membantu warganya yang tengah mengalami kendala di Indonesia.

“Sama seperti kedutaan dan Kementerian Luar Negeri kita, memberi fasilitas bagi para warga negara Indonesia (WNI) yang ada dalam situasi konflik," pungkasnya, Senin (14/3/2022).

Dikutip GridHot.ID dari PosKupang, Kedutaan Rusia yang berada di Jakarta pun mengatakan hal serupa.