Find Us On Social Media :

Dibangun Pada Zaman Belanda, Ini Sejarah Masjid Al Alam Marunda, Jadi Bukti Peradaban Muslim di Jakarta

Masjid Al Alam Marunda.

GridHot.ID - Berwisata religi ke masjid bersejarah memang menjadi salah satu pilihan kegiatan menarik yang dapat dilakukan pada bulan Ramadhan.

Pasalnya, berwisata religi ke masjid bersejarah dapat memperkaya ilmu pengetahuan mengenai sejarah ajaran Islam di Indonesia, apalagi saat bulan Ramadhan tiba.

Salah satu masjid bersejarah sebagai bukti perkembangan ajaran Islam yang dapat dijadikan destinasi wisata di bulan Ramadhan adalah Masjid Al Alam Marunda.

Masjid Al Alam Marunda dapat dijadikan destinasi wisata religi untuk menelusuri sejarah peradaban Muslim di Jakarta.

Masjid yang berdiri sejak abad ke-16 sekitar ini menyimpan sejumlah kisah menarik baik dari sejarah hingga muasal namanya.

Yuk, simak sejarah lengkapnya!.

Sejarah Masjid Al Alam Marunda

Dikutip GridHot.ID dari TribunJakarta.com, tak ada yang mengetahui pasti sejarah berdirinya Masjid Al-Alam di Marunda, lantaran cerita itu hanya dituturkan dari mulut ke mulut dan tak terdokumentasi dalam bentuk tulisan.

Namun dipercaya, pendirian Masjid Al Alam berawal saat pasukan Mataram yang dipimpin oleh Adipati Bahurekso menyerang tentara VOC yang menguasai Batavia pada waktu itu.

Tak sendiri, Adipati Bahurekso menyerang VOC bersama Pangeran Fatahillah.

Baca Juga: Dibangun Saudagar Arab untuk Memperluas Ajaran Islam, Ini Sejarah Lengkap Masjid As Said Makasar, Masjid Tua Tanpa Jamaah Wanita

Tetapi, Adipati Bahurekso dan Pangeran Fatahillah justru menerima kekalahan dan akan pulang ke Cirebon.