Find Us On Social Media :

Jadi Pusat Syiar Islam di Wilayah Selatan Jawa, Begini Sejarah Dibangunnya Masjid Gedhe Mataram Yogyakarta, Punya Arsitektur Unik Perpaduan Dua Budaya

Masjid Gedhe Mataram, Yogyakarta.

GridHot.ID - Selain cocok dijadikan sebagai destinasi wisata alam dan kuliner, Daerah Istimewa Yogyakarta juga cocok dijadikan sebagai destinasi wisata religi saat Ramadhan tiba, pasalnya di daerah tersebut terdapat beberapa bukti sejarah agama Islam, salah satunya, masjid bersejarah.

Tentu, masjid bersejarah di Yogyakarta itu sangat cocok dikunjungi sebagai destinasi wisata religi saat bulan Ramadhan tiba.

Pasalnya, para pengunjung yang berwisata religi ke masjid bersejarah yang ada di Yogyakarta saat bulan Ramadhan akan secara langsung melihat bukti perkembangan ajaran agama Islam di daerah tersebut.

Nah, salah satu masjid yang menyimpan banyak sejarah perkembangan agama Islam adalah Masjid Gedhe Mataram.

Masjid ikonik kota Yogyakarta ini telah dibangun sejak tahun 1587 M.

Sejarah pembangunannya pun tak bisa dilepaskan dari kekuasaan Kerajaan Mataram islam di wilayah Yogyakarta.

Lantas, bagaimana sejarah lengkap berdirinya masjid kuno ini?.

Sejarah Masjid Gedhe Mataram

Dikutip GridHot.ID dari Tribunnewswiki.com, Masjid ini dibangun oleh raja pertama Kerajaan Mataram Islam, Danang Sutawijaya atau Panembahan Senopati.

Baca Juga: Berawal dari Kisah Cinta Syekh Datuk Kafi dan Nyimas Ratu Kencana Wungu, Begini Sejarah Berdirinya Masjid Kuno Bondan di Indramayu, Punya Beduk Tersakti yang Tabuhannya Terdengar Sampai Cirebon

Dalam proses pembangunannya, masjid ini tidak hanya dikerjakan oleh orang Islam saja melainkan ada orang Hindu juga yang ikut serta.

Orang-orang Hindu tersebut merupakan orang yang bertemu dengan Ki Ageng Pamanahan, ayah dari Panembahan Senopati.