Find Us On Social Media :

Berdiri di Area Padat Penduduk Sejak Tahun 1307 M, Ini Sejarah Masjid Al Mustofa, Bukti Perkembangan Agama Islam di Bogor

Masjid Al Mustofa, Kabupaten Bogor.

GridHot.ID - Bogor menjadi salah satu kota yang dapat dikunjungi sebagai destinasi wisata religi saat bulan Ramadhan tiba, pasalnya di kota hujan ini terdapat salah satu masjid bersejerah.

Tentu, masjid bersejarah tersebut cocok dijadikan destinasi wisata religi saat bulan Ramadhan, lantaran menjadi bukti perkembangan ajaran agama Islam di wilayah Bogor.

Masjid bersejarah yang dapat dijadikan sebagai destinasi wisata religi saat bulan Ramadhan itu adalah Masjid Al Mustofa, Bogor.

Masjid yang satu ini terbilang menjadi masjid tertua di Bogor.

Tak heran jika masjid Al Mustofa disebut sebagai masjid bersejarah.

Lantas, bagaimana sejarah berdirinya masjid tua ini?.

Sejarah Masjid Al Mustofa

Dikutip GridHot.ID dari Tribunramadan.com, Masjid Al Mustofa didirikan oleh beberapa penyebar Islam asal Banten pada tahun 1307 M di kawasan Bantasjati Kaum, Kabupaten Bogor.

Pendiriaan masjid tersebut dipimpin oleh Tubagus H. Mustofa Bakri.

Baca Juga: Jadi Pusat Syiar Islam di Wilayah Selatan Jawa, Begini Sejarah Dibangunnya Masjid Gedhe Mataram Yogyakarta, Punya Arsitektur Unik Perpaduan Dua Budaya

Ketika itu Tubagus H. Mustofa dibantu tiga sahabatnya, yaitu Raden Dita Manggala (kemudian menjadi besannya), Chaidir, dan Kail atau Kair yang juga ikut dalam menyebarkan agama Islam.

Diketahui, saat menyebarkan agama Islam di kawasan tersebut, Tubagus Al-Mustofa bersama tiga orang sahabatnya memiliki banyak murid.