Find Us On Social Media :

Disorot Saat MotoGP Mandalika 2022, Pawang Hujan Rara Rupanya Sengaja Diminta Dorna dan FIM, Begini Caranya Masuk Lintasan Meski Sempat Ditolak Bule yang Jaga

Rara Wulandari, pawnag hujan MotoGP 2022.

GridHot.IDPawang hujan sirkuit Mandalika, Rara Istiani Wulandari, mengundang perhatian dunia setelah ia masuk ke area depan paddock tim dan lintasan sirkuit pada sesi balapan MotoGP, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) Indonesia, Minggu (20/3/2022).

Dikutip GridHot.ID dari Kompas.com, kehadiran pawang hujan Rara Wulandari di sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), yang melakukan ritualnya itu langsung menyedot atensi khalayak ramai, mulai dari para rider MotoGP hingga netizen Indonesia.

Kehadiran pawang hujan Rara Wulandari di sirkuti Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) itu pun mendapat sorotan dari kamera-kamera penyiar yang fokus menyorot kegiatannya di saat semua aktivitas MotoGP tengah berhenti akibat hujan deras yang mengguyur.

Start balapan utama MotoGP pun sempat tertunda sekitar 75 menit dari jadwal awal pukul 15.00 waktu lokal akibat hujan tersebut.

Satu pertanyaan tetap naik ke permukaan, bagaimana caranya seorang pawang hujan yang merupakan kearifan lokal warga Indonesia ini diperbolehkan masuk ke area Ring 1 event internasional sekelas MotoGP?.

Bukan rahasia lagi kalau Dorna selaku operator dan pemegang hak komersial MotoGP mempunyai regulasi keras tentang siapa-siapa saja yang berhak masuk ke area sirkuit itu.Paddock dan lintasan adalah area paling sakral di sirkuit yang hanya bisa dimasuki oleh tim, pebalap, dan orang-orang dengan akses prioritas lainnya.

Menilik kehadiran Rara Wulandari di dalam paddock, MGPA (Mandalika Grand Prix Association) sebagai operator sirkuit mengatakan bahwa sang pawang hujan telah mendapat izin khusus dari Dorna.

"Permintaan untuk pawang hujan ada dari Dorna juga, alasan persisnya saya tidak tahu," tutur Priandhi, Operator Sirkuit pada Minggu (20/3/2022).

Baca Juga: Nyelekit, Deddy Corbuzier Ikut Komentari Pawang Hujan Sirkuit Mandika yang Aksinya Sempai Viral: Kenapa Ga Ada Pawang Gempa!"Tanpa izin dari Dorna dan FIM tidak ada yang boleh melewati pagar pembatas antara ruang umum dan pebalap." lanjutnya, Minggu (20/3/2022).

Sementara itu, berhubungan dengan reaksi kocak para pebalap yang melihat ritual sang pawang hujan itu, Priandhi menilai kalau sorotan terhadap Rara Wulandari itu merupakan bagian dari pagelaran event.Akan tetapi, ia juga masih terheran-heran kenapa seorang pawang hujan bisa masuk ke lintasan sementara ia sendiri tak dapat.

"Ini mungkin sebagai part of the entertainment. Saya sendiri bingung, saya sendiri tak bisa melintas masuk tetapi Mba Rara bisa," lanjutnya, Minggu (20/3/2022).

"Alasan knapa Mba Rara masuk di lintasan, saya juga tidak tahu. Biar bagaimana pun balapan akhirnya terlaksana." imbuhnya, Minggu (20/3/2022).