Find Us On Social Media :

Bangun Kekuatan di Salah Satu Wilayah Paling Diperebutkan Dunia, Berikut Potret Terbaru Pulau Buatan Tiongkok di Laut China Selatan Hasil Intaian Pesawat Poseidon AS, Misinya Penuh Ketegangan

Ilustrasi kapal perang di Laut China Selatan

Gridhot.ID - Laut China Selatan memang jadi tempat paling panas beberapa tahun belakangan.

Pasalnya, China menggunakan militernya berusaha untuk mengklaim beberapa wilayah di lautan yang penuh profit tersebut.

Dikutip Gridhot dari Tribunnews, bahkan beberapa kali Amerika Serikat (AS) dan China bersitegang di lautan tersebut.

Bahkan dilaporkan, China sampai membuat pulau buatan di salah satu wilayah di Laut China Selatan dan pulau tersebut dipersenjatai militer berat.

Kini dikutip Gridhot dari Kompas TV, personel Angkatan Laut AS melihat monitor video di dalam P-8A Poseidon yang melakukan misi pengintaian di pulau tersebut.

Komandan militer AS mengatakan China telah sepenuhnya melakukan militerisasi setidaknya tiga dari beberapa pulau yang dibangunnya di Laut China Selatan yang disengketakan.

"Saya pikir selama 20 tahun terakhir kita telah menyaksikan penumpukan militer terbesar sejak Perang Dunia II oleh RRC," kata Aquilino kepada The Associated Press dalam sebuah wawancara, menggunakan inisial nama resmi China.

Komandan Joel Martinez, Komandan, Skuadron Patroli 47 Martinez dan Aquilino berbicara dengan AP di atas pesawat pengintai Angkatan Laut AS yang terbang di dekat pos terdepan yang dikuasai China di kepulauan Spratly di Laut China Selatan, salah satu wilayah yang paling diperebutkan di dunia.

Selama patroli, pesawat P-8A Poseidon berulang kali diperingatkan oleh penelepon China bahwa itu secara ilegal memasuki apa yang mereka katakan adalah wilayah China dan memerintahkan pesawat untuk menjauh.

 Baca Juga: Harga Terjangkau dan Bisa Sambil Ngabuburit Bareng Keluarga, Simak Rekomendasi Kuliner di Pekalongan yang Cocok untuk Menu Buka Puasa

Namun pesawat Angkatan Laut A.S. mengabaikan berbagai peringatan dan terus melakukan pengintaian.