Find Us On Social Media :

Jadi Ikon Kota Batam, Ini Sejarah Masjid Sultan Mahmud Riayah Syah, Punya Payung-payung Khas Masjid Nabawi

Masjid Mahmud Riayat Syah, Bata, Kepulauan Riau.

GridHot.ID - Bulan Ramadhan memang menjadi waktu yang tepat untuk umat muslim berwisata religi ke beberapa masjid bersejarah yang ada di Indonesia.

Pasalnya, beberapa masjid bersejarah tersebut menyimpan cerita dan keunikan tersendiri mengenai perkembangan agama Islam, tentu hal ini sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata religi saat bulan Ramadhan tiba.

Salah satu masjid bersejarah yang cocok untuk dijadikan wdestinasi wisata religi saat bulan Ramadhan tiba adalah Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah yang terletak di Batam.

Masjid Sultan Mahmud Riayah Syah ini menjadi bukti perkembangan sejarah agama Islam di era modern seperti saat ini.

Lantas, bagaimana sejarah berdirinya masjid ikonik warga Batam ini?.

Asal-usul Nama Masjid Sultan Mahmud Riayah Syah

Sebelum membahas soal sejarah berdirinya Masjid Sultan Mahmud Riayah Syah, ada baiknya kita bahas dulu mengenai asal-usul nama masjid yang berdiri di kota Batam ini.

Dikutip GridHot.ID dari TribunBatam.id, nama Masjid sultan Mahmud Riayah Syah ini diambil dari nama seorang pahlawan nasional asal Provinsi Kepulauan Riau.

Sosok pahlawan tersebut menjadi fenomenal karena dilantik menjadi sultan di usia yang sangat belia.

Baca Juga: Dibangun Khusus dengan Arsitektur Timur-Tengah, Begini Sejarah Unik Berdirinya Masjid Namira Lamongan, Bisa Tampung hingga 1.500 Jemaah

Ia terpilih menjadi sultan menggantikan ayahnya, Sultan Alauddin Riayat Syah I.

Sultan Mahmud Riayat Syah merupakan salah satu dari empat tokoh yang dianugerahi gelar Pahlawan Nasional Tahun 2017 yang berasal dari Kepulauan Riau.