Find Us On Social Media :

Air Rebusan Beras Bisa Jadi Obat Mujarab untuk Atasi Asam Lambung, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

Ilustrasi air tajin

GridHot.ID - Asam lambung yang tiba-tiba naik bisa mengganggu aktivitas. Air tajin atau air rebusan beras dipercaya bisa mengatasinya.

Asam lambung naik biasanya disertai dengan beberapa gejala.

Adapun gejala asam lambung naik antara lain heartburn atau sensasi terbakar di dada, sakit tenggorokan, regurgitasi (naiknya asam ke tenggorokan ataau perut), dipepsia (rasa tidak nyaman di perut bagian atas), hingga batuk kering.

Asam lambung naik bisa diredakan dengan mengonsumsi air tajin.

Melansir kompas.com, air tajin merupakan air hasil rebusan beras, di mana orang zaman dulu sering memberi anak balitanya itu sebagai alternatif susu.

Air tajin dihasilkan melalui proses menanak nasi dengan cara konvensional, jadi sekarang sudah jarang orang mengkonsumsi air tajin seperti dulu.

Air tajin memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk mengatasi asam lambung.

Melansir Serambinews.com, ahli kesehatan sekaligus pendakwah, dr Zaidul Akbar, pernah membagikan resep alami untuk mengobati penyakit GERD atau asam lambung dengan menggunakan air tajin dan gamat.

"Mulai rutin minum air tajin sama gamat, gamat merupakan tripang atau timun laut, bisa berbentuk kapsul atau cair, bisa diminum atau dikonsumsi setiap hari," kata dr Zaidul Akbar dikutip dari kanal YouTube miliknya, Kamis (18/11/2021).

Baca Juga: Cocok untuk Penderita Maag, 5 Minuman Ini Bisa Redakan Rasa Nyeri pada Lambung, Salah Satunya Wedang Jahe

Cara mengonsumsinya, cukup campurkan kapsul gamat ke dalam air tajin, lalu dikonsumsi rutin setiap hari.

Selain itu, sangat penting bagi Anda untuk memastikan air tajin yang digunakan tidak berasal dari beras yang mengandung residu pestisida.